5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blogger Gagal Mendapat Uang Dari Blog

5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blogger Gagal Untuk Mendapat Uang Dari BloggingJika anda ingin tahu mengapa sebagian besar blogger gagal untuk mendapatkan uang dari blogging? Silahkan baca... Sobat blogger, Sudah tidak ada keraguan antara hubungan "cinta dan benci" yang terjadi di antara blogging dan mendapatkan uang. Beberapa blogger sangat cinta mencari uang dari blogging dan beberapa yang lain memang benar-benar tidak peduli tentang mendapat uang dari blogging.

Saya selalu mengamati kebanyakan pemula datang dan memulai membuat sebuah blog dan mereka memiliki harapan yang terlalu tinggi, seperti ingin mendapat uang banyak dari blogging, ini memang sah-sah aja, tapi mereka tidak menyadari bahwa untuk mendapat uang dari blogging yang mereka inginkan adalah harus memiliki kesungguhan dalam banyaknya pekerjaan dunia blogging yang harus di lakukan dan memiliki banyaknya kesabaran di antara bahan-bahan penting lainnya dalam dunia blogging, Jadi intinya, jika anda ingin mendapat uang dari blogging, harus sesuai dengan kemampuan dan kualitas, jika belum sanggup, ya anda belajar, dan disini saya juga akan mengulas beberapa faktor yang menjadi alasan kenapa anda tidak bisa menghasilkan uang dari blog.

Dalam posting kali ini saya ingin berbagi hal menurut pengalaman, yang saya amati dari saya memulai bergelut di dunia blogging, 5 alasan utama mengapa begitu banyak blogger tidak bisa menghasilkan uang dari blog mereka. why? :)

Menurut Blogging.org dari 81% blogger tidak pernah menghasilkan uang sampai 100$ dari blogging.. apa anda pernah?

Jadi mengapa kebanyakan blogger gagal untuk mendapatkan atau menghasilkan uang? Mari kita lihat.

5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blogger Gagal Untuk Mendapat Uang Dari Blogging


1. Anda Berada di Niche Yang Terlalu kompetitif

Sebagai permulaan kebanyakan blogger mengambil pendekatan blogging dengan berpetualang di niche blog yang salah atau niche yang terlalu kompetitif. Mereka melihat begitu banyak orang lain yang membuat blog seperti "make money online" atau bisnis online atau "tips blogging" dan seorang pemula biasanya sering mengikuti niche tersebut

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan pendekatan ini, selama anda mampu memberikan sesuatu yang sama sekali memang benar-benar baru dan berbeda dari yang lain,dan sesuatu yang segar setiap kali anda mempublikasikan posting, tapi disni apakah anda senang dengan niche tersebut atau mampu dengan niche yang memang anda sendiri tidak mengerti, disini saya membahas tentang jangka yang panjang, jika anda memang tidak menguasai atau menguasai niche tersebut, maka akan ada titik jenuh dalam blogging dan tidak ada gairah dengan niche atau topik blog anda. Tetapi jika anda memilih niche yang tepat dengan hati anda ,maka saya jamin anda akan menikmati blogging selama bertahun tahun dan bisa melihat hasilnya kelak.

2. Kurangnya Konsistensi

Alasan kedua kenapa kebanyakan blogger tidak bisa menghasilkan uang dari blogging adalah karena kurangnya konsistensi.

Blogging bukan hanya kita membuat atau menciptakan 50 halaman website atau blog sederhana dan bisa menempatkan iklan adsense di atasnya dan kemudian berharap hal itu akan menghasilkan uang banyak untuk anda.

Jangan salah paham itu mungkin akan membuat anda bisa mendapatkan uang, tapi jangan berharap sesuatu yang lebih dari hanya beberapa perak saja.

Anda perlu melihat seperti ini : Blogging adalah tentang bagaimana menciptakan dan menanamkan hal unik, kualitas dan konten yang bermanfaat secara konsisten, sehingga hal yang berarti membantu audien anda memecahkan masalah, termasuk banyaknya konten yang berkualitas dan berharga, sehingga dapat membantu mereka.

Bahkan jika anda hanya mendapatkan penghasilan dengan adsense dan tidak ada yang lain, maka yang lebih berharga adalah peringkat tinggi di search engine, sehingga cenderung bisa membuat hal lain untuk mendapatkan uang dari blog, seperti memasang iklan di blog anda atau apapun metode lain menotisasi blog yang anda gunakan, namun tetap selalu konsisten dan bersabar. :)

3. Miskin SEO

Traffic dari search engine atau mesin pencari masih tetap nomor satu, sumber yang mengharuskan semua blogger harus bekerja keras untuk mencoba dan meningkatkannya. karena tidak ada blog yang bisa menghasilkan uang tanpa adanya traffic/ pengunjung dari mesin pencari yang memadai ( Jika anda merasa ini berbeda dengan pendapat saya, silahkan beritahu saya di komentar di bawah) jika anda ingin konten anda berada di peringkat tinggi di search engine, silahkan pelajari SEO dengan sungguh-sungguh, jika malas itu terserah anda :D Baca : Belajar SEO dari dasar 

4. Rendahnya Traffic Pengunjung Secara Keseluruhan

Saya berbicara tentang traffic mesin pencari, karena memiliki traffic atau pengunjung yang rendah pada umumnya adalah salah satu alasan tunggal kebanyakan blogger gagal untuk mendapatkan atau menghasilkan uang dari blog. Tidak ada masalah jika anda membuat konten terbaik yang pernah anda buat atau menjual sesuatu produk yang menakjubkan, namun jika anda tidak mempunyai keterlibatan dengan pembaca dan traffic blog anda rendah, maka semua itu akan sia-sia saja.

Jadi selain membuat konten yang berkualitas, pemasaran, berbagi konten anda dengan audien yang anda bisa dapat misal seperti dari media social  atau search engine, harus di kombinasikan dengan melakukan SEO dan hal itu penting untuk meningkatkan traffic  ke blog anda dan bisa menghasilkan uang tentunya :)

5. Tidak Ada Yang Menjual

Oke, Jadi mungkin anda memang memiliki sebuah blog yang tenar, anda memiliki ribuan konten yang besar dan berkualitas dan anda memiliki traffic yang tinggi, tapi disini apa yang benar-benar anda tawarkan untuk bisa mendaptkan uang dari blog, saya mengunjungi banyak blog yang besar setiap hari, namun satu hal yang saya lihat dan tidak banyak blogger lakukan adalah menawarkan produk mereka sendiri untuk dijual. Apakah itu sebuah e-book, plugin premium untuk WP, menjual template, atau bahkan produk fisik atau apalah "i dont care" mau menjual apapun itu terserah anda, yang penting disini anda bisa menjual sesuatu, itu juga jika anda ingin menghasilkan uang, dan anda harus mempunyai hal seperti itu. kecuali anda memang ikhlas menjadi blogger yang hanya ingin berbagi ilmu.(Tapi jarang sekali ya hehe )

Oke sobat blogger saya rasa sudah cukup, 5 alasan mengapa saya percaya banyak blogger gagal untuk mendapatkan uang dari blogging, jika anda ingin menambahkan hal lain,silahkan beri komentar untuk berdiskusi.

Jika saya bisa menyarankan satu tip terakhir; mendapatkan uang dari blogging adalah menantang tetapi jika anda dapat menemukan niche yang kompetitif rendah namun dapat menghasilkan uang dengan baik, silahkan lakukan itu, tapi jangan menempatkan satu telur dalam satu keranjang ,silahkan gali lagi potensi anda.dan buat sesuatu hal yang lebih besar lainnya.

OK jika anda menikmati membaca posting ini jangan ragu untuk berbagi dengan menggunakan tombol share sosial di bawah artikel ini, untuk lebih dan kurangnya saya mohon maaf. Good Luck :)


35 Responses to "5 Alasan Mengapa Kebanyakan Blogger Gagal Mendapat Uang Dari Blog"

  1. tambahan: gak sabar dapet duit, akhirnya nyerah sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha mungkin itu ada pada point konsisten...

      Hapus
  2. Miskin seo tepat banget di saya nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yapz mas, SEO memang faktor utama untuk mendapatkan traffic tinggi setelah konten yang berkualitas, trimakasih kunjungannya.

      Hapus
  3. memang benar,,tidak semudah yang di bayangkan

    BalasHapus
  4. bermanfaat banget gan tips nya, inilah yg sedang saya rasakan sekarang ini

    BalasHapus
  5. Kalau saya alhamdulillah ada yang dijual berupa buku kalau ebook saya gratiskan itung-itung shodaqoh. ^.^

    Sebetulnya ada lagi kebanyakan cepat puas dengan hasil jadi lupa belajar selalu mempertahankan. Disayangkan banget.

    Makasih idenya jadi terbuka wawasan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah, trimakasih atas tambahannya mas , trmkasih juga kunjungannya :)

      Hapus
  6. ulasan yang sangat menarik, saya rasa apapun alasannya orang gagal mendapatkan uang dengan blog, yang nomor 2 itu yang paling kena, karena hal tersebut sering diabaikan. Nice post :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. trimakasih Bung Frangki, wah Bung frangki salah satu idola saya :) trmkasih mas sudah sempat berkunjung :)

      Hapus
  7. Saya malah belum tahu mau diapakan itu blog biar dapat uang. Tapi kayaknya harus belajar konsisten dulu. Thanks for shraing mbak

    BalasHapus
  8. Saya malah belum tahu mau diapakan itu blog biar dapat uang. Tapi kayaknya harus belajar konsisten dulu. Thanks for shraing mbak

    BalasHapus
  9. Untuk agan-agan yang ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang cukup lumayan, mungkin bisa mencoba AdOptimal.
    saya sendiri sudah membuktikan, bahkan penghasilan dari AdsOptimal, dapat melebihi Google AdSense.
    Ingin mengetahui lebih lanjut, dapat membacanya disini:
    `
    http://www.e-jurnal.com/2015/05/punya-blog-dapatkan-dollar-dari.html

    BalasHapus
  10. sepertiya aku harus lebih Konsistensi

    BalasHapus
  11. Terimakasih artikelnya mas bermanfaat buat saya yang awam,,, memang kita dituntut sabar, kreatif, bukan cara instan ... karena semua ada prosesnya dulu gak asal makan langsung telan,,,

    BalasHapus
  12. Terimakasih artikelnya mas bermanfaat buat saya yang awam,,, memang kita dituntut sabar, kreatif, bukan cara instan ... karena semua ada prosesnya dulu gak asal makan langsung telan,,,

    BalasHapus
  13. bener bgt kak.. saya dulu sempet hampir putus asa gara2 $ saya gak nambah2. hehehe.. klo ada waktu maen2 kesini ya kak..
    http://bocahsoenyi.blogspot.com

    BalasHapus
  14. Kurang beruntung ya, coba lagi, hehe
    http://bit.ly/1GnEuY8

    BalasHapus
  15. tambah gan, ngayalnya terlalu tinggi. karena gak kesampaian akhirnya nyerah deh. wkwkwkwkwkwk

    BalasHapus
  16. mantap bosss
    http://www.perawatcybery.com/

    BalasHapus
  17. Batasan Niche sejauh mana gan, mohon pencerahan. Ane lagi belajar ngeblog niche tapi takut terlalu luas. Ini blognya www.extraordinaryplants.blogspot.com
    makasih sbelumnya,gan

    BalasHapus
  18. keren,, sebagai pemula saya harus banyak belajar dengan blogger profesional seperti anda,, ;)

    BalasHapus
  19. seep2 buat yang hobikomputer mantab nih

    BalasHapus
  20. Singkat tapi sangat mengena. Dan .. ya memang spt itu! No Pain No Gain.... semua ada jerih payahnya. Semua berawal dari niat baik utk berbagi. Klo niatnya berbagi info, saya percaya Tuhan juga lihat apa yang kita sudah lakukan utk sesama, khususnya pembaca dan Dia akan memberi.

    BalasHapus
  21. nyari duit emang susah,,kalo gampang gak akan ada orang miskin didunia..
    kalo alasannya SEMATA-MATA "duit"..mending gk usah dilanjutin blogging nya..sy yakin bakal stop ditengah jalan..lakukan sesuatu krn SUKA..soal hasil belakangan..

    thanks artikel ny bermanfaat banget bwt pemula kyk sy..

    BalasHapus
  22. Niche nya bemer bngt, kebanyakan pemula ngejar niche yg lgi populer sedangkan pemula msh blum paham SEO,
    tulisannya membantu membuka pemikiran ane gan, mengucapkan banyak trima kasih

    BalasHapus
  23. kenapa saya belum berkeinginan mendapatkan uang ya.. saya jauh lebih tertarik menimba ilmu

    klikngaglik.blogspot.com

    BalasHapus
  24. oh jdi bgitu,,gue bnget hehe,mksh infonya

    BalasHapus
  25. trims, info yang sangat membantu

    BalasHapus
  26. trims, info yang sangat membantu

    BalasHapus
  27. Senang sekali baca artikel di sini

    BalasHapus
  28. Kalo saya sedang membangun trafik. Susah banget. Dan termasuk gagal. Masa 8 bulan cuma 60 artikel. Soalnya sibuk kerja sambil kuliah. Jadi sering terbengkalai wkwkwk

    BalasHapus