7 Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

7 Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

Cara Mengurangi Tingkat Bounce Rate Pada Blog. Sobat blogger, tingkat besar dan kecilnya bounce rate pada sebuah blog adalah menentukan bagaimana kualitas blog itu sendiri dan seberapa baik tentang kualitas konten blog tersebut,maka jika anda ingin menilai seberapa baik blog anda,anda bisa lihat dari tingkat bounce rate blog anda,semakin kecil tingkat bounce rate maka semakin bagus.

7 Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

Mungkin hampir setiap pengunjung masuk ke blog anda dari search engine atau media social, namun pada dasarnya yang meningkat kan tingkat bounce rate tersebut adalah pengunjung blog yang hanya melihat satu artikel di blog anda dan pergi begitu saja tanpa melihat artikel lainnya.

Baca : 10 Tips Membuat Artikel Di Sukai Google & Pengunjung

Jadi tingkat bouncing adalah persentase pengunjung yang masuk ke halaman blog anda namun tanpa mengunjungi halaman lain di blog anda. Tingkat bouncing yang tinggi menunjukan bahwa pengunjung tidak menikmati situs atau halaman dengan arahan yang tidak relevan dengan pengunjung. namun jika anda memiliki blog dengan konten yang menarik,unik dan relevan, maka semakin rendah juga tingkat bounce rate blog anda.

7 Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Pada Blog

Sebagai seorang blogger anda harus bekerja keras dalam hal SEO untuk mendapatkan pengunjung blog, namun tentunya anda juga tidak ingin ketika pengunjung hanya membaca satu posting tunggal dan lekas meninggalkan blog begitu saja apalagi mengingat dan ingin mengunjungi blog anda kembali.

Tips Mengurangi Tingkat Bounce Rate Pada Blog


1. Tata Letak Sederhana dan Desain Blog : 

Tatat letak dan desain blog adalah hal atau kesan pertama yang di amati oleh pengunjung, maka sebisa mungkin desain blog atau template anda harus nyaman untuk pengunjung dan membuat betah berlama lama di blog anda.maka usahakan desain sederhana namun nyaman bagi pengunjung,karena desain blog ibarat rumah anda dan pengunjung adalah tamu,jika rumah anda berantakan,tentu saja tamu anda tidak betah berlama lama.. :)

2. Konten Anda Harus Relevan

Konten anda harus relevan dan tidak melanggar relevansi topik atau niche blog anda dan tidak menulis topic lain yang tidak sesuai dengan niche blog anda, misalnya katakanlah niche blog anda adalah kesehatan,maka jangan pernah anda menulis artikel tentang otomotif, sudah pasti itu tidak ada hubungannya denga niche kesehatan dan itu membuat pengunjung tidak fokus dan tidak nyaman.

Namun jika anda memiliki niche fokus,sudah pasti pengunjung akan tertarik dengan artikel lain yang berhubungan dengan yang di baca, sudah pasti itu dapat mengurangi tingkat bounce rate pada sebuah blog.

3. Kecepatan Loading Blog

Pengujung membenci situs yang lama waktu loadingnya, pengunjung yang tidak sabaran sudah pasti akan membatalkan menunjungi blog anda karena waktu loading yang lama, sehingga usahakan jangan membuat hal yang membuat loading blog anda berat, seperti menambahkan  widget yang berlebihan  atau dengan hiasan-hiasan blog yang membuat loading blog lama. atau anda bisa memilih template yang ringan.

4. Iklan Yang Berlebihan 

Bijaksanalah dalam menempatkan jumlah iklan di blog anda dan penempatan letak iklan yang relevan sehingga tidak menggangu pengunjung, namun sebagian besar adalah iklan Pop-up yang membuat banyak pengunjung terpaksa harus meninggalkan blog anda ,karena harus terpaksa mengklik yang mereka tidak inginkan seperti iklan yang muncul tiba-tiba dengan sengaja ataupun tidak sengaja dan menurut saya itu menjengkelkan.

Jadi silahkan jika anda ingin menempatkan iklan blog anda,pilih lah tempat yang efektif dalam penempatan iklan, Saya sarankan jika blog anda masih baru dan dalam proses membangun pengunjung,jangan memasang iklan Pop-up yang membuat pengunjung pergi.

5. Interlink

Gunakan anchor tag pada posting,menyediakan link yang terkait dengan artikel tersebut atau artikel lawas anda yang bermanfaat,sehingga pengunjung tertarik untuk mengunjungi artikel yang lain dari blog anda dan tempatkan interlink tersebut dengan relevan,sehingga tidak menggangu pembaca anda dan tentu akan lebih berlama lama di blog anda. :)

6. Tata Letak Mudah Dinavigasi

Menjaga tata letak blog Anda mudah dinavigasi sehingga pengunjung dapat memiliki eksposur maksimum konten blog Anda . Dengan tata letak yang mudah di navigasi akan membantu pengunjung untuk dengan mudah menavigasi halaman lain dari blog anda yang ingin mereka kunjungi.

7. Related Post / Artikel Terkait

Artikel terkait sudah pasti salah satu faktor yang harus ada pada blog anda, karena dengan artikel terkait atau related post,pengunjung akan di tawarkan artikel-artikel lain yang berhubungan dengan label yang mereka baca.
Oke sobat blogger itu lah beberapa tips untuk mengurangi tingkat bouncing pada sebuah blog, jika anda punya saran atau pandangan lain, silahkan untuk berkomentar dan berdiskusi, sekian tutorial 7 Cara Mengurangi Tingkat Bounce Rata Pada Blog

Bagikan Ke
6 Komentar untuk "7 Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate Pada Blog"

Begitu ya sob, makasih buat infonya nih..

http://landongobatherbal.com/obat-herbal-diare-kronis/

Mungkin sebaiknya saat membuat posting pada bagian akhir dikasih link menuju posting terbaru atau terpopuler. Agar pengunjung tertarik dan betah diblognya

Mohon infonya kira2 plugin/widget apa yg ccok digunakan untuk web joomla, supaya bolunching rate turun.. trims

Wah mantab, semoga artikelnya bermanfaat .
Soalnya bounce rate saya meningkat terus

bermanfaat mas blognya mas,, materi bounce ratenya,,, tapi ane masih bingung mas, bahwa apakah bounce rate mempengaruhi posisi blog di page one google...
Sebisa Mungkin untuk menjawabnya mas...

Iya nih, padahal blog ane itu view di blogger 1000 pas lihat di google analistic hanya 300an, jadi sekitar 30% aja visitornya, sisanya dianggap bot makanya bounce rate mencapai 84%

Makasih masukannya, mungkin tata letak an relevansi artikel menjadi pertimbangan