Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas

Cara Membuat Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas. Sobat blogger, disini memang saya bukan ahli SEO, namun pada dasarnya ini adalah tentang hal yang harus dimiliki seorang blogger dalam menulis artikel yang sudah harus di optimalkan dengan baik dan mempunyai standar yang SEO friendly, namun dengan teknik ini kita juga butuh sedikit usaha dan kesabaran agar mendapatkan hasil yang baik di search engine, karena tidak semua blog di posisikan dengan cara yang sama atau faktor yang sama.

Beberapa blogger mungkin mempunyai beberapa cara atau teknik lain yang berbeda, itu tergantung pada kepopuleran topik yang mereka tangani dan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan pada ranking tertinggi di search engine itu tidaklah ada waktu tertentu, karena itu tergantung bagaimana kita megelola blog kita, termasuk dalam subjek yang akan saya berikan disini.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas

Dalam artikel saya kali ini, saya akan memberi tips sederhana untuk anda, tentang bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas di mata pembaca dan SEO untuk search engine dengan optimasi SEO yang anda bisa optimalkan dalam artikel blog anda.

Baca Juga : 8 teknik SEO On Page yang berpengaruh pada ranking Google

Tips Optimasi Menulis Artikel SEO Friendly

1. Fokus Pada Topik

Apapun topik blog anda, ketika kita ingin mengoptimalkan SEO untuk sebuah artikel adalah dengan tetap fokus pada subjek tertentu dan mempunyai tujuan yang jelas tanpa keluar topik.

sebagai contoh : misalkan anda menulis artikel tentang "Handphone Android" maka di awal kalimat atau akhir kalimat posting anda adalah tentang hanya hal itu, jangan sampai anda membicarakan handphone android dan akhirnya malah menceritakan tentang cerita anda tentang handphone android foto bareng kawan,kecuali blog anda adalah memang blog khusus pribadi dan menceritakan kehidupan sehari-hari atau blog khsus tempat curhat.

2. Tentukan Judul Posting

Judul posting harus pendek dan to the point, sehingga secara singkat anda merangkum isi posting atau judul yang mencakup isi posting,meskipun ringkas namun jangan sampai malah anda menghilangkan point utama judul atau keyword yang di targetkan dalam pencarian, misalkan :

Koleksi Semua Handphone Yang Rilis Tahun Lalu Di Pasaran

Handphone Android Terbaik Tahun 2014

Sudah jelas yang pertama adalah tidak di definiskan dengan baik,dan yang kedua adalah tidak hanya akurat namun juga sangat relevan untuk apa yang di cari orang di internet, jangan sampai anda karena ingin mencakup banyak namun malah menghilangkan kata kunci target yang memang banyak di cari orang dengan kata yang relevan.

3. Kata Kunci ( Keyword )

Kata kunci adalah istilah-istilah yang memang hal biasa dimana orang melakukan pencarian dengan kata kunci tertentu yang mereka inginkan dan disini anda harus mencoba fokus pada mereka saat kita menulis posting,kata kunci apa yang sering mereka cari, maka kata kunci yang kita targetkan perlu di masukan pada seluruh isi posting, tapi tetap hati-hati agar tidak terlalu over dalam memasukan kata kunci pada posting.
Contoh : 

Pada minggu lalu, produk gadget yang mereka rilis sudah menjadi tranding topik dan banyak di gunakan saat ini, dan para ahli menyampaikan pidato tentang pilihan terbaik mereka.

Pada minggu lalu, produk handphone android yang mereka rilis ,kini sudah menjadi handphone android yang menjadi trend dan sudah banyak di gunakan, para ahli menyampaikan pilihan terbaik mereka tentang handphone android

Dalam kata pertama saya menulis dengan tanpa istilah atau tanpa kata kunci dan pada yang kedua saya mengembangkan frase tersebut dengan isian kata kunci dengan tanpa merusak maksud dari point tersebut,dan disini anda harus pintar untuk meletakan kata kunci dengan bijaksan dan relevan ,sehingga tidak mengganggu pembaca atau tidak relevan.

4. Menggunakan Huruf Tebal dan Miring ( Bold, Italic)

Penggunaan hurup tebal terhadap kata kunci adalah hal yang baik untuk menekan kata kunci dan akan menjadi kata kunci yang kuat dengan tag pembungkus yang kuat, namun perlu di ingat, yang saya maksud disini bukanlah kode CSS seperti "font-weight:bold;", namun dengan Html seperti <b> atau <strong>
Contoh :

Pada minggu lalu, produk handphone android yang mereka rilis ,kini sudah menjadi handphone android yang menjadi trend dan sudah banyak di gunakan, para ahli menyampaikan pilihan terbaik mereka tentang handphone android

Hasilnya memang tetap sama tetapi ini tidak, bagi robot google hal ini akan menjadi sorotan yang menarik sehingga kata kunci yang kita tandai tersebut akan menjadi kata kunci yang kuat dan terlihat menonjol. lebih disarankan anda juga menempatkan di awal kalimat.

5. Menggunakan Link Eksternal/ Eksternal Link

Beberapa orang mungkin mengatakan bahwa menggunakan eksternal link ini akan mengurangi pagerank, karena akan memberikan link juice kepada blog yang di tuju, namun tidak seperti itu, Menggunakan link refferal yang sudah membentuk kredibilitas mereka, juga akan membantu untuk membentuk kredibilitas blog kita sendiri

Eksternal link akan membuat poin relevansi hompage berkurang jika memang kita menautkan link yang sama sekali tidak ada sakut pautnya dengan artikel yang kita buat. seperti artikel yang kita buat adalah blogging dan kita menautkan eksternal link dengan topik kesehatan, maka yang di nilai disni adalah relevansi dan keterkaitan artikel tersebut dengan eksternal link yang kita tujukan hanya saja gunakan jika kita memang membutuhkannya.

Satu hal penting yang harus kita ketahui, dalam penempatan khas seperti "klik disini" atau teks yang serupa pada link atau anchor teks yang berisi link, anchor teks harus cukup deskriptif. contoh :

 <a href="Link URL"> Klik disini </a> untuk tahu lebih banyak

informasi lebih lanjut tentang <a href="Link URL"> "Handphone Android" </a>

Dalam contoh pertama, anchor teks tidak relevan dan deskriptif,namun sebaliknya di contoh kedua.

6. Optimasi Dengan Menambahkan Gambar.

Tulisan dengan contoh gambar tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga membantu pembaca untuk memahami topik yang kita bahas dengan bantuan gambar dan itu akan sangat terlihat relevan bagi pembaca, namun jangan sampai juga anda menambahkan banyak gambar pada posting sehingga menjadikan loading menjadi berat, jadi gunakan secara wajar.

7. Optimasi Gambar dengan menmbahkan atribut title

Optimasi dengan menambahkan gambar adalah hal yang harus dilakukan untuk hasil pencarian yang maksimal di search engine, hali ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya, dan jika anda belum memahami silahkan baca selengkapnya "Optimasi SEO Menambahkan Alt Tag dan Title Tag Pada Gambar"

8. Konten Baru dan Relevan

Jangan hanya anda fokus dengan menulis artikel namun artikel tersebut harus relevan dan berbeda dari yang lain yang pasti artikel anda asli atau original, ini akan terlihat menarik bagi pembaca dan serach engine, jadi buatlah artikel yang menarik dan berbeda dari yang lain, di sini anda di uji kretifitasnya daripada anda hanya menulis artikel copas alias copy paste, saya sering melihat blog yang membahas hal yang sama dan artikel yang sama alias copy paste, dan ini juga akan mendapat kepercayaan bagi pembaca.

Kata kata Akhir

Dari beberapa teknik yang sudah saya jelaskan di atas insyallah akan bisa meningkatkan hasil pencarian anda di google, karena saya rasa banyak sekali pemula dan mungkin tidak tahu bagaimana cara mengoptimalkan SEO untuk konten yang mereka buat, namun yang perlu di ingat adalah butuhnya usaha dan kesabaran dan anda akan melihat hasil yang anda inginkan dari waktu ke waktu.

20 Responses to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas"

  1. mantebs, makasih mbak tipsnya :D

    BalasHapus
  2. Info nya keren mba, thanks ya untuk share nya

    BalasHapus
  3. yupz, oke makasi bos. saya akan lebih semangat lagi menulis artikel untuk blog saya... mampir juga kalo berkenan:

    http://belonomi.blogspot.com/

    BalasHapus
  4. sekarang saya sih masih make internal link dan eksternal dalam hal posting karena buat kuat gitu katanya tapi memang ngaruh keknya

    mampir di mari ya

    http://guiltyanimenews.blogspot.com
    http://blackrockshot.blogspot.com

    BalasHapus
  5. mampir gan di blog ane kota sumedang :D
    http://coretansumedang.blogspot.com/

    BalasHapus
  6. makasih infonya bro, mantap sekali
    http://loverman-rex.blogspot.com

    BalasHapus
  7. thanks gan infonya sangat bermanfaat. kunjungi juga blog saya ya di www.naysira.com

    BalasHapus
  8. Kak kalau cara membuat domain gratis sesuai keinginan gmana caranya?

    #bloggerPemula

    BalasHapus
  9. Artikel berguna, jangan lupa kunjungannya ya :) eris.web.id

    BalasHapus
  10. AGEN DOMINO DAN BANDAR ONLINE TERPERCAYA

    Tiba Saatnya Pencinta Poker Bergabung dengan Pemain Lain di Rantaiqq,karena kini Terdapat 6 permainan hanya menggunakan 1 id dan hanya dalam 1 website ( Poker,DominoQQ,Capsa,AduQ,BandarQ,Bandar Poker ) dan kami juga menyediakan Sabung Ayam Live untuk semua member setia kami Rantaiqq,dan telah hadir game terbaru Fish Hunter. Dont Miss It... Comming Soon New Game : Sakong

    Buruan daftar rasakan Sensasi nya dan raih kemenangan yang nyata.Kini Telah Hadir Game Terbaru Fish Hunter.Untuk Informasi Dan Pendaftaran Langsung Hubungi BBM : 2BE31E49 /Live Chat Kami / https://goo.gl/4I4kQI

    Dan Nikmati Bonus Referral & Cashback Terbesar Hanya Di WWW.RANTAIQQ.COM

    * Bonus Referral 15% + 5%
    * Bonus Cashback 0.3% - 0.5%

    Alasan Kenapa Anda Bergabung Bersama Kami Di sini?
    Karena RantaiQQ memberikan Fitur :

    ~> 1 ID Bisa Di Gunakan untuk bermain 6 permainan( Poker,DominoQQ,Capsa,AduQ,BandarQ,Bandar Poker )
    ~> PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW CEPAT Dan Aman TIDAK LEBIH DARI 2 MENIT.
    ~> Minimal deposit & Withdraw hanya 20 ribu.
    ~> Aplikasi bisa di unduh di android & ios kesayangan anda
    ~> 100% tanpa robot atau admin yang bermain. Player VS Player
    ~> Live Chat Online 24 Jam Dan Di Layani Oleh Customer Service Profesional

    BalasHapus
  11. terimakasih kak artikel nya sangat membantu bagi pemula seperti saya ini

    BalasHapus
  12. Keren mastah http://alibbers.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Teknik agan memang bagus di terapkan (untuk jaman doe loe)
    Tapi alogritma mesin pencari google sekarang sudah berubah setelah kemunculan google pinguin yang mengutamakan artikel humamFriandli..!
    Terlalu berlebih optimasi kata kunci, huruf tebal, mirng hanya akan membuat mata pengunjungnya gatel.

    BalasHapus
  14. Makasih tipsnya gan mampir di blog ane https://gadodroid.blogspot.co.id/ isinya seputar android

    BalasHapus