Menanggapi Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

Menanggapi Mobilegeddon, Cara Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly, Sobat blogger, seiring berkembangnya teknologi yang semakin canggih ini, sekarang lebih dari 50% semua pencarian google adalah berasal dari perangkat mobile, untuk itu google mempertimbangkan hal ini dan memperbaiki kinerja situs supaya ramah dalam pencarian atau browsing dalam tampilan phone atau di sebut mobile friendly, bahkan hal ini sudah di umumkan oleh Google Zineb Ait Bahajji tentang perubahan untuk lebih ramah ke mobile/ mobile friendly pada tanggal 21 April 2015, berbicara masalah algoritma google 2015 ini, bagi pemilik situs, sekarang kita perlu adanya perubahan segera dalam pengoptimalan situs atau blog anda, maka jika anda tidak segera mengoptimalkan dalam pencarian mobile, bisa jadi anda akan banyak kehilangan visitor.

Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

Dalam artikel kali ini saya akan memberikan langkah apa saja yang harus anda optimalkan dalam mengambil keuntungan untuk ranking anda di pencarian google.

Menanggapi Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly


1. Cek Blog atau Website Apakah Sudah Mobile Friendly

Apa dalam hal ini blog anda sudah mobile friendly atau tidak, jika belum maka perlu sekali untuk anda mengoptimalkan supaya ramah dalam tampilan mobile, untuk mengeceknya silahkan anda kunjungi situs "penguji situs mobile friendly" masukan url blog anda dan klik analisis, maka jika halaman blog anda sudah mobile friendly akan mendapatkan pesan "Mengagumkan! Laman ini mobile-friendly" atau seperti gambar dibawah ini.

Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

Namun jika blog anda tidak mobile friendly, dipastikan akan mendapat pesan seperti gambar dibawah ini.

Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

Jika anda menerima pesan "Tidak mobile-friendly" silahkan optimalkan situs anda supaya bisa lebih mobile friendly, ikuti tutorialnya disini : Cara Membuat Blog Support Mobile Friendly

2. Buat Laporan Usability Ponsel 

Google menawarkan khusus laporan ponsel di webmaster, dimana anda dapat menganalisis berbagai aspek dari situs mobile anda dan untuk memahami tentang perngkat yang berbeda, dan pastikan bahwa tidak ada masalah pada situs dalam perngkat mobile atau tampilan mobile situs anda. sangat direkomendasikan sekali bagi sobat blogger untuk memakai tema yang responsive untuk kinerja yang lebih baik dan dapat di navigasi dengan mudah :) 

Untuk mengeceknya silahkan masuk ke google webmaster, pilih situs blog anda, lalu pilih lalu lintas penelusuran dan pilih kebergunaan seluler, pastikan situs mobile anda tidak ada kesalahan.

Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

3. Praktek Untuk Mobile Seo

Dalam hal praktek SEO tetap harus di optimalkan dalam perangkat mobile, bukan berarti jika blog anda sudah mobile friendly, maka akan lebih mudah untuk mendapat ranking tinggi di pencarian, tetaplah optimasi SEO harus di optimalkan, maka jangan sia-siakan panduan SEO untuk perangkat mobile SEO friendly untuk situs blog anda.

Silahkan baca "Panduan SEO Mobile" dari google, disana diuraikan segala sesuatu yang perlu anda ketahui untuk mengoptimalkan situs anda di mesin pencari/ search engine. Panduan disana mencakup topik seperti pemahaman poin keyword dalam mobile, dynamic serving, mengkonfigurasi pada semua perangkat dan ini sangat di rekomendasikan sekali.

4. Tips Membantu Search Engine Mencari Situs anda

Google bot search engine akan menjelajahi situs anda, tetapi dengan pilihan taktik yang bagus sehingga dapat bisa lebih mudah untuk ditemukan dan dirayapi bot crawler, hingga akhirnya akan bisa membantu situs blog anda mendapat peringkat lebih tinggi di search engine dengan cepat.

Hal pertama, yang pasti situs blog anda sudah terhubung di webmaster, jika sekarang anda sudah memiliki situs yang sudah mobile friendly, silahkan masuk ke webmaster, klik pada perayapan, Ambil sebagai google di tab sisi kiri dan jalankan fetch program yang tersedia dan kirim ke index sehingga google langsung menelusiri situs blog anda dan melihat bahwa sekarang blog anda sudah mobile friendly.

Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly

Sitemap XML adalah file yang membantu Google dan mesin pencari lainnya mengindeks situs web anda. Hal ini pada dasarnya sebuah garis besar (atau roadmap) merinci dari berbagai halaman dan link seluruh situs Web anda. Ini merupakan langkah penting dalam membiarkan Google tahu tentang desain ponsel anda.

14 Responses to "Menanggapi Mobilegeddon, Optimalkan Blog Untuk Mobile Friendly"

  1. Ini informasi yang selama ini saya cari. Apakah harus diuji semua postingan atau cukup url blog saja? aku sudah coba uji menggunakan cara di atas dan hasilnya mengagumkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo hanya mengandalkan mobile friendly gak cukup mas, coba praktek seo mobile friendly nya diterpkan..

      Hapus
    2. Iya mbak, masih terus belajar. terima kasih atas sarannya

      Hapus
    3. Satu lagi mbak kalau sebelumnya sudah di kirim ke index tapi yang di pilih dekstop apakah harus di kirim ulang untuk seluler (ponsel cerdas)

      Hapus
    4. Itu terserah mas kalo mau :), ada panduan pada point 3 dari google, silahkan klik linkny saja. :)

      Hapus
    5. Dan hal ini saya maksudkan untuk sitemap, jangan lupa gunakan end ?m=1 pada ujung url

      Hapus
  2. Betul juga dengan penyesuaian template blog, maka blog akan mudah diakses melalui ponsel. Sehingga calon pengunjung memang mereka betah dengan kualitas kecepatan load kita. Lagi-lagi, perlu diringankan loadnya biar enggak terlalu berat. Sebab ya bisa jadi kita ga mampu bersaing. Makasih ulasannya madam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trimakasih tambahannya, di algoritma 2015, sekarang menggunakan template responsive dan fast loading mungkin suatu keharusan agar blog bisa bersaing di serp google, :) sama2

      Hapus
  3. terima kasih informasinya,
    saya masih baru soal ngeblog jd belum paham masalah ginian :(

    BalasHapus
  4. thanks sharing infonya mbak,
    sudah aku praktekin sekarang blogku mobile friendly
    untuk kesalahan di kebergunaan selular dari semula sekitar 50an sekarang 0
    yeaah! :D

    BalasHapus
  5. kesuwun dan terima kasih informasi nya mbak I love you?

    BalasHapus
  6. Punya saya ada yang beberapa dicekal oleh robot txt
    klo bleh ane mnta settingan robot txt.a dong biar mobile friendlynya mengagumkan

    BalasHapus
  7. ci, ada cara buat bikin template jadi custom mobile template yang mobile friendly g y?
    terima kasih,

    BalasHapus
  8. Ukuran konten tidak disesuaikan dengan area pandang 4
    2 Elemen sentuh terlalu dekat 4
    3 Area pandang tidak dikonfigurasi 3
    4 Ukuran font kecil

    gmn cara mengatasinya gan? mash bingung ane

    BalasHapus