Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0. Sobat blogger, Setelan robots.txt adalah sebuah panel setting berisi pedoman untuk pengaturan robot crawler dalam pengindexan atau crawler sebuah halaman, jadi intinya setting robots.txt ini adalah sebuah perintah untuk bot crawler, apakah harus mengindex halaman tersebut atau tidak atau apakah harus menjelejahi halaman tersebut atau tidak, sesuai dengan setelan yang kita terapkan, robots.txt juga sangatlah penting penggunaannya untuk sebuah blog sesuai dengan seting dan fungsi-fungsi yang kita butuhkan, lebih jelasnya untuk pengaturan robots.txt beserta fungsi dari setiap kode yang di terapkan anda bisa baca di sini : Cara Setting Custom Robots.txt Beserta fungsinya.

Dampak Menggunakan Setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Penerapan setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0 ini juga banyak di share pada artikel blog dengan kueri cara setting robots.txt, disana banyak sekali tutorial yang menyuruh pembaca untuk menggunakan robots.txt yang juga ada perintah Disallow M=1 & M=0 tanpa menyertakan detail bagaimana baris tersebut bekerja atau fungsi tersebut bekerja dan hanya dengan embel-embel SEO dan tidak menyertakan efek atau dampaknya.

Baca Juga : 6 Kesalahan Yang Membuat Blog Sulit Berkembang

Maka pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahas tentang penggunaan fungsi dalam menerapkan diasllow m=1 dan m0 atau "Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0", pada dasarnya, robots.txt tersebut adalah sebuah perintah atau fungsinya untuk menghentikan robot merayapi halaman redirect ke mobile phone atau tampilan handphone dan setelan tersebut biasanya di terapkan seorang blogger untuk mengatasi duplicate halaman yang terjadi pada blog, penerapan robots.txt tersebut memang sangat ampuh untuk mengatasi duplicate halaman m=1 dan m=0 pada blog yang di tujukan di webmaster namun disisi lain ada dampak gak baiknya juga untuk blog kita.


Apa Dampak Menggunakan Setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Mungkin dari segi postivnya penerapan robots.txt tersebut bisa mengatasi duplicate halaman pada blog kita, namun sesudah saya pelajari, ternyata di sisilain tentang penereapan robots.txt tersebut adalah mempunyai dampak yang kurang menguntungkan juga pada blog kita, apa saja dampaknya : 

Pertama yaitu blog kita tidak mobile friendly karena secara langsung robots.txt tersebut mencekal halaman pada tampilan mobile phone. hal itu setelah saya melakukan pengecekan pada sebuah situs yang menggunakan robots.txt di Disallow: /*?m=1 Disallow: /*?m=0 di penguji situs mobile friendly, dan hasilnya robots.txt mencekalnya, seperti yang di tampilkan gambar di bawah.

Dampak Menggunakan Setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Kedua yaitu hilangnya meta deskripsi artikel di pencarian atau pada browser mobile phone karena bot juga mencekalnya. seperti yang di tujukan gambar dibawah ini pada blog pertama, saat saya menggunakan browser handphone dan disana ditunjukan bahwa "Deskripsi untuk hasil ini tidak tersedia karena robots.txt situs tersebut"

Dampak Menggunakan Setelean Robots.txt Disallow M=1 & M=0

Meta deskripsi ini sangat penting sekali karena google akan menggunakannya sebagai cuplikan untuk halaman atau postingan blog anda di page search google. Dan kata pada cuplikan tersebut akan ditebalkan saat muncul dalam kueri pencarian. Hal ini memberikan petunjuk pada pencarian di google search, dan membuktikan bahwa situs kita adalah situs relevan termasuk dengan deskripsi yang berkaitan, maka kemungkinan besar jika pada blog tersebut deskripsinya hilang, maka akan sangat buruk di mata google.

Ketiga yaitu bisa menurunkan peringkat artikel kita di serp google, karena berhubung algoritma 2105 ini google telah meluncurkan algoritma terbarunya yaitu mobilegeddon, yang mengharuskan sebuah situs untuk di optimalkan dalam tampilan mobile atau supaya mobile friendly.

Kesimpulan : Jika anda ingin menggunakan setelan robots.txt maka ada baiknya anda juga mempelajari tentang fungsi-fungsi dari setiap baris yang di terapkan, karena dampaknya mungkin bisa kurang menguntungkan pada blog anda, namun jika anda punya saran lain atau ide lain, anda bisa berdisukusi di sini di form komentar. oke sobat blogger, lebih dan kurangnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

29 Responses to "Dampak Menggunakan Robots.txt Disallow M=1 & M=0"

  1. tapi semua itu tergantung blog masing-masing, kalau saya nggak pakai robot.txt, soalnya lebih mentingin mobile friendly, mulai tgl 21 besok kan mobile friendly lebih diutamakan ya,

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas infonya gan. Sebelum saya pakai robots disallow m=, di web master tool ternyata banyak yang error. Saya hapus rorobots disallow m= itu. itu tidak apa2 kan gan?

    BalasHapus
  3. jadi setting robot txt yang sesuai untuk blog saya apa ya?masih bnyak kesalahan
    http//kelurahan-loaipuhdarat.blogspot.com

    BalasHapus
  4. yang saya tau sih settingan robot.txt udah ada di blog, tapi saya belum pernah menggunakan nya

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. saya sering salah setting robot jadi tidak terdeteksi post saya di google

    BalasHapus
  7. Berarti merugikan lah pake robot.txt ini ya..

    BalasHapus
  8. itu yang di paling atas blognya Ficripebriyana tuh :v

    BalasHapus
  9. Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I
    have really enjoyed reading your blog posts. Any way I’ll be
    subscribing to your feed and I hope you post again soon.
    Obat Tradisional Infeksi Saluran kemih
    acemaxs44.com/obat-tradisional-infeksi-saluran-kemih/

    BalasHapus
  10. Punya saya yg blogger dibiarin aja apa adanya, gak pake disalow2,,, takut bermaslah nantinya

    BalasHapus
  11. Terus gimana gan. Cara setting untuk mrnghilangkan m=1 dan m=0

    BalasHapus
  12. yuk juga gan my cit 97 http://www.life4cit.co.vu

    BalasHapus
  13. pantesan url artikel saya tidak detect di google, pd hal sudah di submit

    BalasHapus
  14. mungkin itu yang dimaksud dalam pesan dibawah Perayap dan pengindeksan : "Peringatan! Gunakan dengan hati-hati. Penggunaan yang tidak tepat dari fitur tersebut dapat mengakibatkan blog Anda diabaikan oleh mesin telusur."

    BalasHapus
  15. Ya saya tidak pernah pake robots.txt itu takut dampaknya negative sama gapaham dari scriptnya jadi natural aja hehehe, ditunggu blogwalkingnya madam

    BalasHapus
  16. mbak tolong kirimin aku template evomaz dong..
    email saya : daffaneversay89@gmail.com

    BalasHapus
  17. Beberapa bulan lalu sempat menggunakan manual robot.txt pada blog KiatKiat saya. Namun, sekarang tidak lagi dipasang karena kurang bersahabat untuk perangkat seluler. Saya memiliki artikel sejenis, silakan akses via http://cepithea.blogspot.com
    Salam Blogger

    BalasHapus
  18. Iya..memang benar Gan ..ada efek tidak baiknya buat blog di perangkat seluler.

    BalasHapus
  19. Penawaran Paid Review
    Hallo,

    Saya Soffian dari UrbanIndo.com situs jual beli properti No. 1 di Indonesia. Dari sekian banyak blog yang pernah saya kunjungi, blog Anda adalah salah satu blog yang membuat saya tertarik untuk berkunjung dan membaca setiap konten yang ada pada blog Anda.
    Saat ini kami sedang mencari blogger yang mempunyai blog berkualitas tinggi seperti blog, dengan ini kami mengajak Anda untuk bekerja sama dengan kami untuk melakukan paid to review. Kami akan sangat senang sekali jika Anda tertarik.
    Jika Berminat silahkan mengirimkan email ke :soffian@urbanindo.com

    Salam

    Soffian

    BalasHapus
  20. cara mengatasinya gimana sis?

    BalasHapus
  21. Oke sip artikelnya buat belajar agak nyambung ini
    http://vimaxaslidiapotik.blogger.ba

    BalasHapus
  22. makasih gan atas informasinya

    BalasHapus
  23. thanks mbak via
    pas pake parameter m?1 di stat crawling webmastertool ane jadi error
    salam kodemania.net

    BalasHapus
  24. Terima kasih banyak infonya... www.butikgadgets.com

    BalasHapus
  25. punya saya error trus gan kalo dikasih default ataupun custom, jadi saya hapus deh gak masalah kan sekalipun g pakai itu gan??

    btw ini blog saya www.koranhariankita.xyz

    BalasHapus
  26. artikelnya bermanfaat kali gan terima kasih banyak ya gan

    BalasHapus
  27. Masuk akal, bahkan pengunjung blog saya turun drastis setelah menerapkan disallow m=1

    BalasHapus
  28. THX infonya gan
    kunjungi balik ya http://grandmaguss.blogspot.co.id

    BalasHapus