Ternyata Data-Data Pengguna Windows 10 Dikumpulkan Microsoft

Ternyata Data-Data Pengguna Windows 10 Dikumpulkan Microsoft

madamvia - Apakah kamu menggunakan sistem operasi Windows? Ternyata Microsoft mengumpulkan data-data pengguna Windows 10 seperti lokasi, pengenalan suara, diagnosa dan sebagainya. Dilansir dari PCMag bahwa terjadi keributan setelah Presiden Amerika Trump membuat resolusi yang memungkinkan ISP mengumpulkan dan menjual data-data konsumennya. Atas hal itu Microsoft akhirnya bersikap dengan melakukan update untuk Windows 10 Creator Update dimana akan ada fitur untuk mematikan sharing data-data tersebut.

Baca juga:

Cara Membaca Sertifikat Smartphone Tahan Air

Cara Menggunakan LCD HP Rusak Karena Jatuh Lewat Komputer

Cara Memperbaiki Wordpress Web Deface Blog dalam 10 Menit

Windows 10 Creator Update Untuk Mematikan Pengumpulan Data Microsoft

Windows 10 Creator Update Dilengkapi Mode Mematikan Sharing Informasi (foto: trustedreviews)
Meskipun sebagian besar kategori pengawasan di Windows 10 dapat dimatikan, namun Windows mengawasi kebiasaan komputasi penggunanya. Sebagai contoh, sistem operasi dapat mengirim informasi Microsoft mengenai berapa banyak lagu yang dibeli di perpustakaan musik kamu, resolusi gambar dan video, bahasa ebook yang kamu baca, pencarian query yang kamu gunakan saat browsing internet, dan lebih banyak lagi.

Jika kamu mengatur diagnostik izin berbagi data di Windows 10 Creator Update untuk tingkat yang paling ketat, yang disebut "Basic," Microsoft menjanjikan bahwa berbagi data akan sebagian besar terbatas pada crash software.

"Kami melihat lebih dekat bagaimana kita menggunakan data diagnostik ini dan memperkuat komitmen kami untuk meminimalkan pengumpulan data di tingkat dasar," tulis Executive Vice President Windows dan Perangkat Grup  Terry Myerson dalam posting blog. "Sebagai hasilnya, kami telah mengurangi jumlah kejadian dikumpulkan dan berkurang, sekitar setengah, volume data yang kami kumpulkan pada tingkat dasar."

Pengaturan Privacy Windows 10 Creator Update (foto: pcmag)
Ketika kamusedang menyiapkan Windows untuk pertama kalinya atau menjalankan instalasi yang bersih dari Windows 10, kamu akan melihat pengaturan mode untuk beberapa pengaturan privasi umum: lokasi, pengenalan suara, dan iklan. Jika kamu mematikan ini, Microsoft tidak akan melacak lokasi Akamu, namun kamu tidak akan dapat menggunakan Cortana digital assistant, dan juga tidak akan melihat iklan yang ditargetkan.

Ada dua lebih mode untuk pengaturan privasi yang sedikit lebih samar: diagnostics dan "tailored experiences with diagnostic data" . Jika kamu mengaktifkan kedua pengaturan ini, saat itulah kamu akan mengirimkan informasi rinci seperti bahasa ebook dan permintaan pencarian ke Microsoft. Perlu dicatat pada pengaturan diagnostic hanya mempunyai dua setting "Full dan Basic" yang hanya mengirimkan beberapa data ke Microsoft. Pada pengaturan "Full" perusahaan ini juga menyediakan daftar lengkap apa yang mereka dikumpulkan.

Bagikan Ke
0 Komentar untuk "Ternyata Data-Data Pengguna Windows 10 Dikumpulkan Microsoft"