Perbandingan Sistem Manual dan Aplikasi Payroll

Perbandingan Sistem Manual dan Aplikasi Payroll


Perusahaan mempunyai sistem operasi yang menjamin produksi akan terus berjalan. Salah satu sistem operasi yang paling penting yaitu sistem manajemen karyawan. Sistem tersebut dijalankan oleh sebuah departemen human resources atau sumber daya manusia. Deskripsi pekerjaannya mencakup semua hal yang berhubungan dengan karyawan. Bagian HRD pada umumnya terdiri dari perekrutan karyawan, bagian pelatihan, pembagian gaji dan asuransi.


Pada perekrutan karyawan terdiri dari  pengambilan data calon karyawan di lapangan, perekrutan, tes, training, kompetensi dan kontrak kerja. Dibagian pembagian gaji, karyawan hrd akan menghitung jam kerja masing-masing karyawan dan mentransfer atau memberikan secara cah gaji sesuai dengan kontrak kerjanya. Jika semua bidang pekerjaan hrd dikerjakan secara manual, akan terbayang kan repotnya. Nah sistem manual ini bisa digantikan dengan Aplikasi Payroll. Bagaimana kita membandingkannya? Mari dilihat


Perekrutan Karyawan


Pernah punya lemari besi di ruang hrd yang kuncinya pun berpindah dari karyawan satu ke karyawan lain. Malah tidak jarang jika karyawan tersebut mengundurkan diri, lemari harus dijebol karena tidak ada kunci cadangan. Sistem manual tersebut bukannya jamannya lagi karena sekarang ada sistem pengoperasian data yang merekam dan mendokumentasikan semua aplikasi yang sudah dikirimkan perusahaan.

Aplikasi Payroll berbasis web LinovHR akan menyimpan ke dalam folder calon karyawan. Beberapa kriteria pun juga bisa dijadikan standard untuk menerima karyawan. Di LinovHR, data para karyawan yang diterima ataupun tidak bisa dijadikan bank data jika perusahaan membutuhkan. Jadi kamu tidak perlu bergumul dengan lembaran kertas lamaran pekerjaan.


Kontrak Kerja


Jika calon karyawan sudah memenuhi kompetensi yang diajukan oleh karyawan, maka ada kontrak kerja yang mengikat karyawan dengan aturan-aturan dari perusahaan. Kontrak kerja pun bisa di bakukan pada LinovHR.

Semua peraturan pada kontrak kerja bisa langsung di unggah ke aplikasi payroll ini. Keuntungan pun bukan hanya dari pihak perusahaan karena karyawan pun bisa melihat, mengingat dan menerapkannya. Kontrak kerja biasanya memuat hal-hal tehnis yang berhubungan dengan deskripsi pekerjaan mereka. Dengan LinovHR, kontrak kerja bisa dihubungkan ke data pribadi karyawan.


Pengelolaan Gaji


Gaji bersumber dari pengelolaan data. Jika di sistem manual, para karyawan hrd harus melakukan input terhadap data pribadi karyawan lalu bisa dilanjutkan pada data yang bersifat profesional, seperti awal karir seorang karyawan serta jenajng karir yang bisa mereka lalui. Data deskripsi pekerjaan, jabatan serta jumlah jam kerja karyawan bisa langsung terintegrasi dengan jumlah gaji masing-masing pegawai melalui LinovHR.

Jadi sistem data karyawan akan tersimpan dengan baik melalui aplikasi payroll LinovHR. Dengan penyimpanan yang terstruktur maka akan menunjang kinerja pegawai pula. Para supervisor pun bisa langsung memantau hasil pekerjaan karyawan.

0 komentar: