Wow! Fitur Keren Android P - OS Terbaru Google

Madamvia - Hampir setahun lebih sejak Google merilis Android 8 atau lebih dikenal Android "Oreo" pada Agustus 2017, kini Google kembali telah merilis Android 9 atau mereka sebut dengan Android "P". Hal tersebut disampaikan  di acara Google I/O 2018 developer conference beberapa waktu yang lalu. Meski baru dalam versi beta, sistem operasi Android P ini memiliki beberapa kelebihan. Apa saja kelebihan Android P? Yuk kita simak.

Baca juga:

Game Android Terbaik Seru Untuk Ngabuburit Puasa 2018

Terungkap HP Xiaomi Terbaru, Xiaomi Mi 8

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dan Aplikasi HP

Sistem Operasi Android P



Versi tampilan developer ini memiliki banyak perubahan pada UI (User Interface), fitur-fitur dan beberapa peningkatan untuk membuat smartphone akan bertahan lebih lama dan lebih efisien.



1. Sistem Navigasi Berbasis-Gestur



Perubahan terbesar dalam Android P adalah dihilangkannya tombol navigasi tradisional Android. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena hanya dengan menggunakan sistem navigasi baru beberapa jam saja kamu akan sudah terbiasa kok. Rasanya memang berbeda, tapi cukup intuitif.

Pertama-tama kamu harus mengaktifkan dahulu navigasi gestur di Android P. Caranya, ke menu Setting > System > Gestures > Swipe up on home button.

Setelah mengaktifkan navigasi gestur ini, maka tombol navigasi tradisional - home, back dan recent apps - akan hilang. Tombol back akan muncul secara otomatis jika pada aplikasi ada pilihan menu untuk kembali.



Untuk berpindah antar aplikasi yang baru saja digunakan, geser ke atas dari tombol home kemudian akan muncul layar yang bernama overview. Kamu akan melihat aplikasi yang baru saja digunakan, bilah penelusuran, dan 5 saran aplikasi di bagian bawah. Lebih cepat kan dari pada harus membuka menu aplikasi (app drawer). Dari sini, kamu bisa menggeser ke kiri untuk melihat aplikasi yang baru dibuka. Kamu juga bisa menyeret tombol home ke kiri untuk berpindah cepat dengan aplikasi. Google menyebut gerak ini sebagai Quick Scrub.

2. Fitur Hemat Baterai

Pada Android P, Google meluncurkan dua buah fitur baru yang akan membantu menghemat baterai seharian.

Baterai Adaptif



Baterai Adaptif adalah fitur baru yang menggunakan pembelajaran perangkat di perangkat (on-device machine learning) untuk menjaga hp kamu agar tidak boros baterai. Fitur ini merupakan hasil kerjasama dengan DeppMind, Baterai Adaptif akan membatasi konsumsi baterai untuk aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan. Fitur ini akan memprediksi aplikasi apa yang akan kamu gunakan selanjutnya, mana yang tidak digunakan dalam beberapa jam atau aplikasi mana yang tidak pernah dibuka. Google mengklaim,  fitur ini dapat menghemat 30 persen penggunaan CPU.

Kecerahan Adaptif



Fitur lain yang dapat membantu menghemat baterai adalah Kecerahan Adaptif. Sementara sebagian besar smartphone memiliki sensor cahaya ambient untuk membantu menyesuaikan kecerahan dalam pengaturan yang berbeda, Kecerahan Adaptif membawanya selangkah lebih maju. Fitur baru ini akan mempertimbangkan lingkungan dan aktivitas Anda, dan mempelajari pengaturan kecerahan pribadi kamu dari waktu ke waktu sehingga layar tidak terlalu cerah atau redup.

3. Pintasan Volume Baru



Dengan Android P, kini kamu bisa beralih ke mode silent lebih mudah. Fitur ini ada di alam menu pengaturan di bagian gestur. Kamu akan melihat pilihan "prevent ringing". Dari sini, kamu bisa mengatur apakah hp kamu untuk beralih ke mode getar atau diam ketika kamu secara bersamaan menekan tombol daya dan volume naik.

4. App Actions and Slices



Ini merupakan dua buah fitur baru lainnya pada Android P. App Actions and Slice akan memungkinkan kamu untuk melompat ke bagian tertentu dari aplikasi dari bagian manapun di sistem operasi.

App Actions merupakan sebuah jalan pintas kecil yang akan muncul di app drawer berdasarkan tindakan yang menurut hp kamu akan dilakukan selanjutnya. Misalnya, jika saya sering membuka laci aplikasi, membuka aplikasi telepon saya, dan memanggil istri saya, Android P kemungkinan akan mulai menunjukkan saya jalan pintas untuk memanggil istri saya di dalam laci aplikasi. 

App Actions bahkan bisa juga bekerja dengan skenario yang berbeda. Jika kamu sering mencolokkan headphone dan meluncurkan Spotify, misalnya, kamu mungkin melihat saran untuk memulai playlist Spotify setelah mencolokkan headphone. Keren ya..!

Sementara Slices mirip dengan App Actions, bedanya Slice hanya muncul di Bilah Penelusuran Google menawarkan saran untuk melakukan fungsi-fungsi tertentu di dalam aplikasi berdasarkan apa yang kamu cari. Misalnya, jika kamu mengetik "Hawaii" di Penelusuran, Android P mungkin menyarankan kamu melihat foto liburan Hawaii kamu di aplikasi Google Foto.

5. Notifikasi yang Lebih Pintar



Android sudah menangani pemberitahuan dengan sangat baik. Notifikasi semakin pandai di Android P.

Katakanlah kamu menerima jenis notifikasi aplikasi tertentu setiap hari. Jika kamu sering mengabaikan pemberitahuan tersebut tanpa bertindak, Android P akan menawarkan untuk berhenti menampilkan notifikasi tersebut kepada kamu.



Ada tombol Kelola Notifikasi baru di bagian bawah bayangan pemberitahuan juga, yang akan membawa kamu ke daftar pemberitahuan yang terakhir kamu terima. Dari sana, kamu dapat mematikan pemberitahuan apa pun yang telah mengganggu kamu belakangan ini. Sangat membantu ya...



Smartphone yang Support Android P untuk saat ini adalah Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, serta tujuh perangkat OEM (Original Equipment Manufacturer/Produsen Asli) lainnya dari OnePlus, Nokia, dan lainnya. Nantinya setiap OEM akan membangun Android P dengan versi pabrikan mereka masing-masing. Itu berarti Android P di Xperia XZ2 akan memiliki antarmuka Sony, Mi Mix 2 akan tetap memiliki antarmuka Xiaomi, dan seterusnya.

Untuk mendownload Android P silahkan klik link di bawah ini:



0 komentar: