7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly. Sobat blogger, saya melihat banyak sekali teman-teman blogger di grup kumpulan blogger yang memperbincangkan bahwa mereka akan bermigrasi ke wordpres dengan alasan SEO,saya berpikir,apa yang berebeda, kenapa mereka bermigrasi dari blogspot ke wordpress dan tidak suka blogspot, ketika saya bertanya alasannya adalah karena blogspot banyak sekali keterbatasan untuk mengoptimalkan SEO blog mereka.

Baca : Optimasi Title Tag Otomatis Pada Judul Posting

pasti ada banyak sekali ketika anda mencari sebuah panduan dan tutorial tentang blogspot untuk mengoptimalkan SEO, namun pada wordpress semua itu tidak terlalu ribet karena wordpress memang menyediakan plugin untuk mengoptimalkan SEO sangat mudah sekali, memang cukup masuk akal dengan alasan mereka
7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly
Namun di artikel saya kali ini saya tidak ingin membahas seo untuk wordpress,  karena menurut saya blogspot tetap lebih baik dalam pengoptimalan, selain itu kelebihannya anda akan mampu menguasai kode-kode html dan untuk itu saya disini akan berbagi beberapa tips trik untuk mengoptimalkan seo blog anda lebih bisa SEO friendly, namun jika anda yang masih berencana untuk membuat blog disini adalah panduan singkat dan mudah untuk membuat blog : Cara mudah membuat blog untuk pemula.

Tips Trik SEO Blogspot.

Ketika kita berbicara masalah SEO, hal pertama yang anda butuhkan adalah mengecek seo blog anda di page seo seperti  Chkme.com dan masih banyak, lalu di ikuti dengan pengoptimalan kualitas artikel dan seberapa baik juga anda mengoptimalkan keyword dan nilai meta untuk artikel tersebut namun anda tidak perlu di pusingkan akan hal ini karena saya disini saya akan memberi panduan dasar untuk membuat blog anda lebih dan sangat SEO dan killer friendly :) 

1. Format Link Posting URL Blog.

Permalink atau Permanent Link memainkan peran besar dalam peringkat artikel anda dalam posisi serp di search engine, ada beberapa aturan yang anda juga harus mengikuti aturan tentang permalink di blogspot.

  • Judul Posting Tidak Boleh Melebihi 50 Karatkter
  • Jangan Gunakan Kata Berhenti Atau Stop Words Dalam Permalink Dan Meta Tag. (Contoh : Dan,Yang,Sebuah,Dalam,Ke, Dsb)
Kata-kata stop words ini tidak baik untuk search engine karena jika anda menggunakan permalink dengan kata-kata dalam daftar stop words, maka pengindekan kata kunci akan di abaikan sampai kata stop words oleh google,namun saat anda menulis sebuah artikel,anda mempunyai pilihan untuk mengedit permalink artikel anda, cukup menggunakan atau mengedit di panel pengaturan permalink.

Dalam panel pengaturan format bahasa indonesia adalah (Tautan Permanent) dan silahkan hapus kata-kata berhenti atau stop words di panel permalink, untuk mengedit permalink cukup mudah dengan cara manual,cukup memilih permalink dan anda edit sendiri sesuai keinginan.
Screenshot :

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly

2. Mempertahankan Kepadatan Kata Kunci (Keyword)

Keyword merupakan aspek penting untuk posisi artikel anda di search engine, tertalu sedikit keyword di artikel akan menyebabkan kurang peringkat dan isian keyword,namun anda juga tidak perlu melakukan penempatan keyword terlalu banyak karena menyebabkan over optimasi, saya biasanya menjaga rasio 2% /post, namun disana anda dapat menempatkan banyak kata kunci untuk optimasi SEO, tentunya harus relevan, setelah selesai anda membuat post, anda dapat menganalisis seluruh post untuk mengetahui posisi yang tepat untuk penempatan keyword dan tentu tanpa mengganggu pembaca dalam penempatannya.

3. Label Yang Tepat Dan Posting Terkait.

Label menambahkan kepadatan kata kunci dari pos, label harus mempunyai pelebaran sesuai dalam kategori daripada single kategori, saya jelaskan dengan contoh sepeti anda membuat sebuah posting, misalkan anda membuat artikel tentang "Google Chrome" dengan tiga kategori Windows,Browser,Perngkat lunak, maka otomatis label menambahkan kepadatan kata kunci dalam seluruh post dan label mempengaruhi tulisan artikel terkait di blog.  silahkan anda lihat artikel terkait sesuai label yang anda baca, maka di artikel terkait akan memberikan posting sesuaa label. Dan jika ada begitu banyak posting dengan label yang sama di tandai di label tersebut akan mempengaruhi susunan artikel di related post atau artikel terkait di blog anda.

4. Format Judul Posting Blog

Ketika berbicara tentang SEO blog, maka format judul memainkan peran utama, maka penempatanya biasanya Judul posting di tempatkan di awal dan diikuti oleh judul blog, silahkan lihat gambar di bawah ini.

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly 2
Pada posisi penempatan nomor satu adalah yang benar, karena keyword yang di targetkan di search engine adalah judul artikel baru di ikuti oleh judul blog, untuk penempatan di nomor 2 memperlihatkan judul blog diawal dan judul posting yang di targetkan di akhir dan itu sangat buruk untuk seo, namun untuk cara mengatasi atau mengoptimalkannya adalah dengan mengganti title.
Anda dapat menemukan kode html seperti di bawah di edit html.

<title> <data: blog.pageTitle /> </ title>

Dan ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini.

<b:if cond= 'data:blog.pageType == &quot;index&quot;'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title> </b:if>

Untuk lebih jelasnya silahkan anda lihat disini : Cara Membuat Template Blog Seo Friendly

5. Optimasi SEO Untuk Gambar.

Optimasi gambar untuk SEO dengan menggunakan tag alt dan tag title di setiap gambar, dan ini bisa di lakukan secara manual dilakukan setelah anda mengupload gambar, optimasi tag alt dan tag title untuk memberi tahu mesin pencari tentang inforamasi tentang gambar tersebut saat melakukan pencarian dengan gambar sesuai title. anda cukup klik kanan pada gambar dan klik properti lalu masukan title pada gambar tersebut : contoh gambar

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly optimasi gambar

6. Menambahkan Meta Deskripsi.

Meta tag menghasilkan tag HTML yang di gunakan oleh mesin pencari untuk mengedintifikasi judul,deskrispsi dan rincian lain dari URL, memang tidak banyak berpengaruh tapi akan memiliki dampak sedikit pada kata kunci yang di targetkan, ketika anda selesai membuat artikel, maka anda tinggal memasukan deskripsi, contoh gambar di bawah : 

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly

7. Link Eksternal Noffolow

Nofollow adalah atribut Html yang tercantum pada hyperlink untuk memblokir keuntungan mesin pencari link eksternal dalam website, jadi ketika anda menggunakan link keluar ke website lain, anda bisa menggunakan rel='nofollow' atribut setelah URL, untuk mencegah mesin pencari merayapi link tersebut

7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly

Contoh gambar di atas, maka anda cukup menceklis add 'rel=nofollow'attribut.
Selesai :) di tutorial 7 cara ampuh membuat blog anda bisa lebih SEO friendly, saya rasa jika anda mengikuti langkah-langkah di atas saya yakin , maka blog anda bisa lebih seo friendly, mungkin masih banyak faktor seo yang lainnya , tetap ikuti update blog Madam Via, lebih dan kurangnya saya mohon maaf. semoga sukses.



124 Responses to "7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly"

  1. apa cara ini bisa membuat blog baru cepat terindex google / 100% chkme

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentu saja, dengan cara ini bisa mengurangi erorr di website link pada title,kalo blog baru, coba daftar kan di webmaster dan daftara di feedburner...

      Hapus
    2. Cari tutorialnya ksana kami mlah jdi bingung , dri yg penyebaran sosmed , fb, follmy.com, Twitter, g+ dan smpek yg mendetail mlah jdi bingung, 😐

      Hapus
  2. Tips nya sangat membantu, yang paling penting bagaimana cara kita mendaptkan keyword agar bisa SEO Friendly?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya saya belum bisa menganalisis, karena blog saya masih berumur satu bulan,jadi belum tahu hasil akhirnya seperti apa namun faktor dalam seo on page, lakukan optimasi secara wajar dengan konten seperti yg saya katakan d atas, dan tidak menempatkan keyword secara berlebihan... karena algoritma google skrg mkin canggih...

      Hapus
  3. Waah,mantap nih
    thanks
    http://downloadfilmbaru2035.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantap apanya nih???? di baca juga engga kan :D sama2

      Hapus
  4. Panjang dan jelas sekali tutorialnya..ijin praktek okta..

    Salam admin satriyoku.blog

    BalasHapus
  5. Semoga setelah membaca 7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly blog saya bisa muncul di pencarian Google.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin, optimalkan juga pada konten yang berkualitas dan template mba, silahkan buka, http://madamvia.blogspot.com/2014/12/cara-membuat-template-blog-seo-friendly.html

      Hapus
  6. gimana cara setting title ini mbah,
    contoh ketika home page keluar ini "Madam Via | Cara Membuat Blog Seo Friendly

    ketika salah satu posting di buka menjad "Judul Posting - Madam Via"

    kalo blog saya masih muncul seperti ini "Judul Podting Madam Via | Cara Membuat Blog Seo Friendly" Ketika postingnya terbuka, padahal saya mau seperti ini "Judul Posting - Madam Via"

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh title tag tambahan, silahkan mas pasang dengan title tag yang sudah saya update,itu title tag yang saya gunakan, ganti deskripsi blog dengan deskripsi sesuai niche.. :) mksh sudah berkunjung

      Hapus
    2. oke, makasih arahannya mbak imut

      Hapus
    3. o ya mbah, apakah penambahan deskripsi ini bias keluar dipencarian google nantinya, untuk memperkuat POSISI di SERP

      Hapus
    4. bener, ini bisa jadi keyword...!! :)

      Hapus
  7. agak kurang paham cara membuat blog bisa seo friendly.. bingung lihat2 kode seperti ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe.. tar juga bisa, cari aja template seo friendly..minimal sangat membantu di posisi..

      Hapus
  8. wah udah aku lakukan semua tu mbak via.. Tp belum bisa page 1 nih.. :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ghehehe...semua butuh usaha kali mas, tingkatkan seo on page dan off pagenya :D jangan mau yg instan, tp perbaiki dr segi faktor lain :)

      Hapus
  9. makasih infonya, kunjung balik gan
    http://obattradisionalacemaxs.net/

    BalasHapus
  10. Thanks gan artikelnya sangat membantu :)
    http://goo.gl/mgBCnM

    BalasHapus
  11. 7 tips yang sangat super. Karena menurut ane memang itulah intinya. Jangan malu u/ berkunjung ke http://syariah-e-miracle.blogspot.com juga ya.
    Terimakasih infonya

    BalasHapus
  12. Untuk no follow udah saya coba mas alhamdullilah lumayan sih nambah seo hehe

    mampir di mari ya

    http://guiltyanimenews.blogspot.com
    http://blackrockshot.blogspot.com

    BalasHapus
  13. Thank You very much for publishing this Useful Guide
    visit my blog www.gerbang-komputer.com :)

    BalasHapus
  14. Thankz Broww .. Membantu sekali..

    BalasHapus
  15. Thanks info nya.
    Jangan lupa kunjungi blog saya
    http://muhlislevine95.blogspot.com

    BalasHapus
  16. makasih gan, infonya sangat membantu saya.

    BalasHapus
  17. banyak cara agar blog lebih SEO friendly salah satunya yang diposting di blog ini, saya juga menulis artikel komprehensif cara membuat blog yang SEO friendly, semoga dapat bermanfaat
    http://gratisko.blogspot.com/2015/08/cara-membuat-blog-yang-seo-frienldy.html

    BalasHapus
  18. Gan, Seberapa kuat sih pengaruh Label di blog dalam mesin pencari?

    BalasHapus
  19. terima kasih Gan...sudah saya terapkan tipsnya di www.rumahdaerahbandung.com

    BalasHapus
  20. Wah mantap min infonya, Go back min http://www.ilmi30.com/

    BalasHapus
  21. Wah mantap min infonya, Go back min http://www.ilmi30.com/

    BalasHapus
  22. makasih infonya kak...sangat membantu buat kami para newbie, kebetulan saya juga baru mulai bikin blog, sukses selalu kak
    http://resepmasakbaru.blogspot.com/

    BalasHapus
  23. Mantap min, jangan lupa mampir yak www.virgieadrian.com

    BalasHapus
  24. Wah saya mau coba dulu Doain Berhasil ya

    BalasHapus
  25. Wah saya mau coba dulu Doain Berhasil ya

    BalasHapus
  26. Untuk lagkah nomor 7 saya baru tau gan kalo memberi link rel nofollow juga berpengaruh untuk seo blog kita.Thank you infonya.

    BalasHapus
  27. Keren Infonya thanks ya!
    http://kuntokzyrd.blogspot.com/

    BalasHapus
  28. Tips yang sangat Membantu,tks gan (Y)

    BalasHapus
  29. Apa benar seperti itu? saya sudah coba berbagai cara.Tapi nihil hasilnya

    BalasHapus
  30. Ingin punya website untuk perusahaan Anda? Atau bagi Anda yang ingin mengembangkan usaha Anda ke dalam online? Lihat berbagai macam template yang pas untuk usaha Anda di http://sammysetiawan.com/page/template

    BalasHapus
  31. gan cara menambah/mengatur deskripsi penelusurian kayak mana sebutin la langkah-langkah nya thanks

    BalasHapus
  32. gan kenapa blog saya tidak masuk di search engine dengan kata kunci saya. mohon penjelasannya. thanks

    BalasHapus
  33. bagus artikelnya hebatnya ini artikel ada dihalaman pertama ada di posisi pertama ,kasih ilmunya dong soalnya masih gaptek banget nih...

    BalasHapus
  34. trik mahal ini.... ane dapet trik kaya ini harus beli ebbok dan merogoh saku lumayan....
    siplah... berkah !!!! www.citangkolo.net

    BalasHapus
  35. Oke bgt gan, bener bener bermanfaat artikelnya, kunjungi juga gan http://dongazikir.blogspot.com

    BalasHapus
  36. Oke bgt gan, bener bener bermanfaat artikelnya, kunjungi juga gan http://dongazikir.blogspot.com

    BalasHapus
  37. keren sob, kunjungi balik ya http://tulisan-kaktegar.blogspot.co.id/2014/07/4-kode-wajib-agar-blog-anda-bersih-dan.html

    BalasHapus
  38. sangat membantu gan! thanks. visit back ya http://www.tellingstories.ga/

    BalasHapus
  39. mantap mba tutorialnya,ane coba terapin cara tsb di blogspot saya :

    shaepul-info.blospot.com

    BalasHapus
  40. terima kasih untuk tambahan ilmunya

    BalasHapus
  41. gan, ane masih belum ngerti sama yang link rel nofollow itu gan. mohon pencerahannya.

    terima kasih gan.

    BalasHapus
  42. sangat bermanfaat, nice article..


    kunjungi aplikasipbbonline.wordpress.com
    kami penyedia aplikasi sistem informasi PBB Online:

    - SIMPBB (Sistem Informasi Manajemen Pajak Bumi dan Bangunan)
    - SIBPHTB (Sistem Informasi Bea Perolehan Hak Tanah dan Banguan)
    - SIG (Sistem Informasi Geografis)

    Informasi lebih lanjut hubungi www.aplikasipemda.com
    brahmanto@cendana2000.co.id Telp. 089691540880

    BalasHapus
  43. Nice share, kunjungi juga http://aplikasipemda.com , thanks

    BalasHapus
  44. mantap kunjungi blog ane ya pdp-team.blogspot.com

    BalasHapus
  45. Mantap infonya, Sangat Bermanfaat..
    kunjungin Kembali Y...http://www.Agen247.com

    BalasHapus
  46. thanks gans, skarang title ane jadi rapi di serp

    BalasHapus
  47. Thanks gan infonya, kunjungi juga www.pajakonlineweb.wordpress.com

    BalasHapus
  48. ijin coba gan infonya sangat bagus
    http://caragokil.com

    BalasHapus
  49. Sangat bermanfaat
    http://zonabola-id.blogspot.com
    http://kicau-mania.mywapblog.com

    BalasHapus
  50. Kalau blog baru cara paling efektif agar cepat terindek bagaimana ? kata kawan saya submit social media apa benar? Nitip blog http://unrang.blogspot.com

    BalasHapus
  51. Wah, lumayan ribet juga ya mbak. Tapi kepengen bisa menghasilkan uang dari blog (google adsense) mau gamau harus seo :D makasih mbak infonya :)

    BalasHapus
  52. Ini sangat membantu. Neira izin share yaa ^^ makasih infonya

    BalasHapus
  53. boleh dcoba nih. thanks ndan.
    www.mencarisolusi17.blogspot.com

    BalasHapus
  54. manatap gan info nya sangat membantu sekali
    www.sewavilladilembang.xyz

    BalasHapus
  55. alt text diisi alamat website gan ane

    BalasHapus
  56. terima kasih untuk infonya lebih seo...visit blog kami

    BalasHapus
  57. thanks gan infonya sangat bermanfaat untuk blog baru

    BalasHapus
  58. trimakasih mas buat artikel nya sangat membantu dan pas buat saya yang baru belajar ngeblog

    BalasHapus
  59. trimakasih mas buat artikel nya sangat membantu dan pas buat saya yang baru belajar ngeblog

    BalasHapus
  60. Terimakasih.
    Bermanfaat gan info nya, saya aka terapkan di blog saya.
    silahkan kunjungi www.medanlokerterbaru.blogspot.com

    BalasHapus
  61. ini yang kucari
    http:// margonomlahar.tk

    BalasHapus
  62. terima kasih ..artikelnya banyak membantu...
    http://service-mesincucimalang.blogspot.com

    BalasHapus
  63. http://bumbumaknyus.blogspot.co.id/
    mau dicoba ah
    ]silahkan yang lagi mau belajar masak . kunjjungi blog sya .heee

    BalasHapus
  64. terimakasi gan tutorial nya, sengat membantu buat membangun blog bagi pemula

    kapan2 mampir ke blog saya gan
    http://pes-patch17.blogspot.com/

    BalasHapus
  65. terima kasih informasinya

    silahkan berkunjung ke blog saya
    http://happyshop754.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  66. terima kasih om, ilmunya coba tak terapkan ya....

    http://dmgmebeljepara.com

    BalasHapus
  67. parah tuh masa. Anda dapat menemukan kode html seperti di bawah di edit html.
    pas gua pasang di tema gua jadi eror google gua, setelah gua hapus kembali normal

    BalasHapus
  68. Wah gan saya coba terapkan

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. http://alibbers.blogspot.com

    BalasHapus
  71. Kalo "dofollow" ke link luar itu merugikan blog kita kah min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo bersifat dofollow, jelas membuat Poin Relevansi Homepage akan berkurang, karena memberikan link juice kpda penerima ...

      Hapus
  72. thanks ya mas info nya sangat bagus mas , ijin back blog mas hekthatman namanya mas

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  75. thanks bos sangat membantu

    www.harianpotret.tk

    BalasHapus
  76. mantap
    http://kartunjoss.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  77. terimakasih sekali, infonya sangat bermanfaat, ditunggu kunjungan baliknya obattradisionaaal.blogspot.co.id

    BalasHapus
  78. tips yang keren gan perlu di coba nih, kebetulan saya bloger pemula.
    terima untuk ilmunya gan

    BalasHapus
  79. mantap dah artikelnya kawan..
    http://essenaquatic.xyz/umpan-ikan-mas-kilo-gebrus/

    BalasHapus
  80. terima kasih untuk ilmunya
    https://pinjamandanagadai.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  81. Tak coba ya gan,,makasih info nya,saya dah muter" di stiap blog,eh akhirnya ketemu juga :D

    BalasHapus
  82. This brings us to the key issue of ethical SEO. Search engine optimization is still a very new concept to most companies.allxy.net

    BalasHapus
  83. saya coba ganti format judul sesuai artikel disini.
    makasih ya udah mau share infonya.

    BalasHapus
  84. mantap sudah patut dicoba pulak nih

    BalasHapus
  85. thanks infonya..
    nampaknya jarang update ya sekarang? apa sibuk gan?

    BalasHapus
  86. makasih infonya...
    pengetahuan yang baik tentang seo gan...

    BalasHapus
  87. Bermanfaat sekali.. thanks atas masukannya..

    BalasHapus
  88. Trims atas atasinformasinya

    https://dxintrior.blogspot.com/2018/05/8-cara-mudah-membuat-cat-tembok.html

    BalasHapus
  89. artikel yang sangat bermanfaat gan

    Terimakasih
    Masegi

    BalasHapus
  90. dari banyaknya poin" diatas bebrapa udah saya gunakan, cuma kadang untuk judul postingan yang bikin bingung hahah, btw infonya bermanfaat semoga sukses selalu, salam dari https://serba-serbitkj.blogspot.com/

    BalasHapus
  91. Klo Menurut Ane Ada yang Kurang nih ... maaf yah ane juga baru belajar, terutama pada setting robot... klo menurut ane sih mediapartners di hapus aja

    https://www.babakbelur.com/2018/07/cara-mengatasi-iklan-adsense-tidak.html

    BalasHapus
  92. Mantap, saya menerapkan yang blog title juga diblog saya. Artikelnya membantu.

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. This is such a great resource that you are providing and you give it away for free. I love seeing blog that understand the value of providing a quality resource for free. search engine optimization for business

    BalasHapus
  95. nice inpo gan
    https://tukangbangunanrumahbsd.blogspot.com

    BalasHapus
  96. We have experienced workers for the House painting service in Dubai, Room painting service dubai, and Living room painting service dubai. If you need a House painting service dubai, an interior painting company dubai, and an Outdoor house painting service dubai
    ? Just contact our Eagle Technical services LLC for a House painting service dubai.

    BalasHapus
  97. Find here top India shoes brand which are worth the money. These Indian shoes brands are outranking globally

    BalasHapus
  98. Thanks for taking the time to discuss this, I feel strongly about it and love learning more on this topic. If possible, as you gain expertise, would you mind updating your blog with more information? It is extremely helpful for me.

    BalasHapus
  99. I love this blog!! The flash up the top is awesome!! marketing1on1.com/buy-backlinks

    BalasHapus