Apa Itu Backlink Dofollow & Nofollow Pengertiannya?

Apa Itu Backlink Dofollow / Nofollow Pengertiannya?. Sobat blogger, bagi seorang pemula yang masih baru di dunia blogging, biasanya yang di pelajari dan yang selalu di pertanyakan adalah bagaimana sih caranya agar blog atau artikel saya ada pada halaman pertama di search engine google? kurang lebih kebanyakan pemula akan bertanya seperti itu,maka jawaban yang tepat menurut saya adalah dengan belajar SEO atau search engine optimization, yaitu pembelajaran awal optimasi seo dengan backlink dan konten yang berkualitas,maka kedua hal tersebut sangat lah bagus untuk pemula yang ingin membangun blognya bisa mempunyai peringkat di posisi serp google.

Apa Itu Backlink Dofollow & Nofollow Pengertiannya?

Metode search engine optimization (SEO) dengan membangun konten yang berkualitas dan membangun backlinks untuk blog adalah hal yang di anjurkan bahkan suatu hal yang wajib bagi yang blognya ingin maju, karena hal-hal tersebut sangatlah berkaitan dengan seo dan sanggup meningkatkan posisi blog anda di search engine dan tentunya untuk meningkatkan terafic pengunjung blog anda, sobat blogger namun dalam artikel saya kali ini, saya hanya akan akan membahas topik untuk link noffolow dan link doffolow dan manfaat dari kedua backlink tersebut yang nantinya akan mempengaruhi peringkat situs blog anda di pencarian.

Baca : Cara Membuat Template Blog Seo Friendly

Sobat blogger, Link nofollow ini adalah dimana setiap anda meletakan link nofollow maka, link tersebut tidak akan di rayapi dan akan menghentikan link juice untuk menyebar ke halaman lainnya. Tetapi berbeda dengan link Dofollow dimana link dofollow merekomendasikan Google spider diharuskan untuk mengikuti sebuah link tersebut dan mengindeks sebuah link halaman tersebut.

Apa Itu Link Nofollow?

Apa itu link nofollow? Jika anda selalu bertanya tentang apa itu noffolow,maka jawabanya adalah dimana ketika anda meletakan sebuah link dengan tag rell="nofollow" atau menetapkan sebuah link menjadi nofollow, artinya google bot tidak akan merayapi link tersebut atau link dengan tag nofollow.

Contoh link nofollow :

<a href= " http://madamvai.blogspot.com/ " rel="nofollow"> Madamvia </a>

Tag Rel HTML : Anda bisa melihat tag rel html di atas dengan tag rel="nofollow"? maka dengan tag rel tersebut ditetapkan sebagai nofollow atau berarti sebuah link madamvia adalah sebuah link nofollow. dan link tersebut tidak akan di rayapi oleh google bot, bahkan link nofollow tidak akan mendapatkan link juice. jadi pada intinya tag rel="noffolow" tersebut adalah sebuah perintah untuk supaya google bot tidak merayapi link tersebut atau jangan mengindeks link tersebut di search engine, maka kemungkinan besar untuk sebuah backlink dengan tag rel="nofollow tidak akan banyak berpengaruh pada posisi situs blog anda karena google bot tidak merayapi link tersebut.

Baca : 7 Cara Ampuh Membuat Blog Seo Friendly

Tapi meskipun link noffolow tersebut tidak dirayapi oleh google bot namun link noffolow tersebut mungkin dapat sedikit membantu untuk membawa posisi blog anda di search engine dan tidak ada salahnya bagi anda jika anda ingin mendapat backlink dari sebuah web.karena meski Google memang tidak merayapi link nofollow tersebut, namun visitor atau mesin pencari lainnya selain google,kemungkinan besar bisa merayapi link tersebut.

Apa Itu Link Dofollow?

Link Dofollow melewati link juice dan tentu saja jika kita mendapatkan backlink dari link dofollow, maka akan sangat banyak membantu untuk menaikan posisi blog atau artikel anda pada serach engine google dan tentunya untuk mencapai peringkat halaman yang lebih tinggi. karena pada dasar nya,link dofollow tersebut yaitu sama halnya dengan menginstruksikan spider untuk mengikuti link ini.

Contoh Link Dofollow :

<a href= " http://madamvai.blogspot.com/ "Madamvia </a>

Link di atas adalah link dofollow, pada umumnya ketika Anda meninggalkan sebuah komentar di situs lain dengan link aktif, anda akan melihat link dengan atribut rel eksternal, rel = "external" hanya untuk menyatakan bahwa link tersebut adalah eksternal, tidak ada hubungannya dengan jenis backlink.jadi intinya jika anda tidak menemukan atribut rel="nofollow di link komentar tersebut, maka bisa dikatakan bahwa link yang anda buat adalah link dofollow atau dari situs dofollow atau sama halnya seperti Rel Dofollow.

Catatan : Bagi anda yang sedang membangun blog dengan backlink, maka sangatlah direkomendasikan dalam hal membangun backlink, di usahkan backlink yang anda dapatkan adalah backlink dari situ yang ber PR tinggi dan situs Dofollow,tentunya untuk mendapatkan backlink yang berkualitas seperti hal yang saya sebutkan di atas tentang link dofollow.

Bagaimana memeriksa apakah link tersebut adalah link dofollow atau link nofollow?


Ada banyak cara untuk memeriksa link dofollow dan nofollow, namun saya hanya menggunakan satu metode untuk mengidentifikasi jenis link tersebut. Mari saya jelaskan ini dengan sebuah contoh. Misalkan anda berkomentar di sebuah blog orang lain dan Anda ingin memeriksa jenis link tersebut apakah link dofollow atau nofollow.

Silahkan arahkan mouse anda pada sebuah komentar,lalu klik kanan pada halaman web tersebut dan klik periksa elemen atau 'view source'  seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.

Apa Itu Backlink Dofollow / Nofollow Pengertiannya

Apakah anda melihat tag rel="nofollow" pada komentar di blog yang saya periksa yaitu di blog saya sendiri hehe.. maka sudah di pastikan situs itu adalah situs nofollow: D? dan jika anda tidak menemukan rel="nofollow" pada komentar yang anda periksa, maka sudah pasti situs tersebut adalah situs dofollow.

Baca : Mengatur Heading Tag H1 H2 H3 Agar Lebih Seo

Oke sobat sampai dsini, mungkin anda sudah paham tentang apa itu pengertian link nofollow dan link dofollow,dan bagaimana cara anda untuk mendapatkan backlink yang bagus dan berkualitas. sekian dulu sobat di tutorial Apa Itu Backlink Dofollow / Nofollow Pengertiannya? ,lebih dan kurangnya saya mohon maaf. salam sukses :)


50 Responses to "Apa Itu Backlink Dofollow & Nofollow Pengertiannya?"

  1. mantap deh artikelnya
    http://ramuantradisionalkita.com/pengobatan-tradisional-asam-urat/

    BalasHapus
  2. Info mengenai backlink dofollownya masih bingung gan? Yang saya pertnyakan? Disaat saya berkomentar di situs org lain, yg diperiksa, link komentar saya atau link situs yg saya komentari?

    BalasHapus
  3. Apa artinya link juice gan?
    Link nofollow ini adalah dimana setiap anda meletakan link nofollow maka, link tersebut tidak akan di rayapi dan akan menghentikan link juice untuk menyebar ke halaman lainn http://tutorialpcme.blogspot.com

    BalasHapus
  4. makasih banget gan, infonya

    kunjugi jga kami
    http://arahblogg.blogspot.com/

    BalasHapus
  5. trims infonya gan, kunjungi juga di www.obatvimaxcanada.com www.obatpembesarpenis.distributor-vimax.com

    BalasHapus
  6. Penjelasanya sgt membantu :) sekarang saya jadi faham perbedaan backlink nofollow dg dofollow

    BalasHapus
  7. Terimakasih sebelumnya, artikel ini sangat membantu, namun saya punya pertanyaan nih gan, bagaimana mengubah kembali blog yang tadinya Dofollow menjadi blog Nofollow, mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  8. Terimakasih sebelumnya, artikel ini sangat membantu, namun saya punya pertanyaan nih gan, bagaimana mengubah kembali blog yang tadinya Dofollow menjadi blog Nofollow, mohon pencerahannya....

    BalasHapus
  9. terima kasih, artikelnya keren mas/mbakbro!!!
    salam dari :
    http://salawood78.blogspot.com/
    http://rapoeblik78.blogspot.com/
    http://songolast78.blogspot.com/
    http://dinastimic78.blogspot.com/
    http://beamo78.blogspot.com/
    http://rapbanacore78.blogspot.com/
    http://newalisme78.blogspot.com/
    http://boclamp78.blogspot.com/
    http://ayashikoda78.blogspot.com/
    http://kneight78.blogspot.com/

    BalasHapus
  10. masih bingung sih,, tapi harus dipelajari,,

    kalo mau beli baju couple cek aja di web ku
    www.bajucoupleolshop.com

    BalasHapus
  11. makasih infonya cocok buat pemula seperti saya

    kunjungin juga blog saya makasih ^^

    www.matalink.com

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. ikut belajar kaka

    http://aryservis.blogspot.com/

    BalasHapus
  14. thanks gan infonya.. kunbal gan http://www.vuutt.ml seputar Google

    BalasHapus
  15. thanks gan infonya.. kunbal gan http://www.vuutt.ml seputar Google

    BalasHapus
  16. Sangat bermanfaat gan buat pemula seperti saya hehe :)

    belajar-augmented-reality.blogspot.co.id

    BalasHapus
  17. kasih atas infonya, gan?,, ini sangat membantu.
    http://www.geraiobatnusantara.com/viagra-usa-100mg-obat-kuat-tahan-lama/

    BalasHapus
  18. Kami menjual berbagai macam obat abrsi atau obat penggugur kandungan.
    http://www.obataborsiasli.org/cara-menggugurkan-kandungan/

    BalasHapus
  19. terimakasih atas informasinya.
    http://obataborsi-obatpenggugur.com/

    BalasHapus
  20. terimakasih atas informasinya.
    http://obataborsi-obatpenggugur.com/

    BalasHapus
  21. artikel anda sangat bagus gan,, saya sangat terbantu sekali

    BalasHapus
  22. makasih banget gan, infonya

    kunjugi jga kami
    http://www.story-games.tk

    BalasHapus
  23. selalu komplit nih penjelasannya, dari tadi baca-baca di blog tetangga ga sekomplit madamvia.
    kunbal bos di blogger pemula http://curhattekeh.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  24. setelah baca artikel agan sekarang saya mengetahui perbedaan link nofollow dan do follow. blog yang bagus, tampilannya menarik, artikel-artikelnya yang sarat akan informasi sangat sesuai dengan kebutuhan konsumen. informasi yang disajikan sangat faktual.
    terimakasih atas informasinya gan.
    salam kenal
    by, deni sugilar
    ada informasi menarik tentang hotel murah di bogor
    kalau ada waktu dan kesempatan kunjungi ya gan. di www.hotelmurahdibogor.org

    BalasHapus
  25. wah mantap info nya, main main ke blog saya juga gan
    http://juraganmumut.com/

    BalasHapus
  26. makasih ya mas infonya kunjungi dong
    www.pengetahuanbersama.com

    BalasHapus
  27. mantap (y) visit juga blog saya gan, http://muhammadronnyazizi.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  28. thank infna

    http://farmasiobatherbal.com/

    http://agenvimaxcanada.id/


    http://agenvimaxindo.com/

    BalasHapus
  29. Bermanfaat gan .

    mampir juga di http://www.sukatawa.com/

    BalasHapus
  30. bermanfaat buat cari backlink, coba juga ah, meskipun ini dofollow http://www.blog.diversan.xyz

    BalasHapus
  31. Info yang bermanfaat gan sangat membantu sekali.

    http://palaq.wapka.mobi

    BalasHapus
  32. setelah saya coba cek blog sobat dengan cara yang diajarkan, ternyata nofollow juga.

    BalasHapus
  33. nice post. http://suplemenobatherbal.com/

    BalasHapus
  34. keren artikel nya sangat membantu untuk blog pemula sperti saya , mohon saran & info
    yadidatacom.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Good post,
    https://pajakonlineweb.wordpress.com/

    BalasHapus
  36. Sangat bermanfaat akan saya coba di blog saya www.brandedshop87.blogspot.co.id

    BalasHapus
  37. terima kasih, artikelnya sangat membantu.
    koranpraktis.blogspot.com

    BalasHapus
  38. Kalau kita bnyak punya link no follow di backlink kita apakah akan merugikan seo web tersebut.
    Oiya ini web site sya www.bpkbjaminan.com mohon info untuk menigkan seo web saya tersebut


    Trimakasih sebelum nya

    BalasHapus
  39. Kalau kita bnyak punya link no follow di backlink kita apakah akan merugikan seo web tersebut.
    Oiya ini web site sya www.bpkbjaminan.com mohon info untuk menigkan seo web saya tersebut


    Trimakasih sebelum nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak sama sekali, cuma backlink dari link nofollow tersebut tdk mendapat jus link,,

      Hapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  41. This blog is so nice to me. I will keep on coming here again and again. Visit my link as well.. blog comment

    BalasHapus