6 Cara Ampuh Mengoptimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly

6 Cara Ampuh Mengoptimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly

6 Cara Ampuh Mengoptimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly. Membuat sebuah artikel bisa dibilang gampang-gampang susah, semua tergantung pada kekreatifan anda sendiri dalam membuat kata-kata yang enak dibaca dan artikel yang berkualitas. Artikel yang bagus dalam pandang SEO bukanlah artikel yang hanya enak dibaca, yang nantinya bisa dengan mudah berada dihalaman pertama google dan mendatangkan visitor banyak, namun ada cara-cara atau optimasi artikel yang harus anda lakukan agar optimal di search engine.

Artikel Terkait : Ini Dia 4 Rahasia Menjadi Ranking 1 di Google

Tak sedikit, banyak juga blogger yang gagal memanfaatkan potensi pemasaran blog mereka yang sangat besar. Sebenarnya , sebuah studi baru-baru ini dari blogger.com menunjukkan bahwa walaupun sekitar 60% bisnis memiliki blog, 65% dari pemilik blog tersebut bahkan belum pernah memperbarui artikelnya dalam setahun terakhir! Dengan menyediakan konten baru yang relevan dan melakukan pengoptimalan posting blog dasar, itu saran dari blogger.com, Maka anda bisa memanfaatkan banyak manfaat dari apa saja tips atau cara mengoptimalkan artikel anda untuk search engine

1. Riset Keyword

Lakukan riset atau penelitian kata kunci atau keyword, Penelitian kata kunci sangat penting untuk optimasi halaman blog anda. Kemungkinan, anda hanya tahu tentang bahwa hal ini sudah merasa cukup dengan hanya menyediakan artikel saja pada sebuah topik.

Namun, anda tidak tahu bahwa ada berbagai alat dan teknik untuk menemukan kata kunci terkait yang relevan dengan posting blog Anda yang mungkin belum Anda pertimbangkan atau anda lakukan. Seperti Google Adwords Keyword Tool dan semrush.com kedua situs atau tools tersebut menawarkan hal yang bisa membuat Anda untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan topik artikel Anda dan bahkan memata-matai pesaing blog Anda untuk melihat apa kata-kata dan frase kata kunci atau keyword yang menargetkan visitor ke situs mereka.

Manfaatkan kata kunci di seluruh pos Anda. Setelah Anda menargetkan beberapa kata kunci yang baik dan relevan dengan topik artikel , sangat penting untuk menempatkan sebuah kata kunci topi terkait di tempat yang paling berdampak baik bagi audiens dan index crawler yang mengindeks artikel atau konten blog Anda. Cobalah untuk memasukkan kata kunci terkait seperti pada:
  • Judul
  • Pos dan subpos
  • Kalimat pengantar
  • Paragraf penutup
  • Teks jangkar (teks hyperlink ke halaman terkait lainnya di situs Anda)
  • Tag judul dan meta deskripsi

Peringatan: Jangan berlebihan dalam isian kata kunci, yang merupakan tindakan mengisi konten Anda dengan begitu banyak kata kunci sehingga nantinya akan sulit dibaca atau tidak enak dibaca. Hal ini tidak hanya akan mengganggu pembaca blog anda, namun juga akan membuat Anda dikenai sanksi oleh Google. Beberapa kata kunci yang ditempatkan secara strategis akan melakukan triknya sendiri. Hingga nantinya bisa menempati halaman pertama google dengan isian kata kunci yang ditargetkan

2. Optimasi Pada Gambar

Optimalkan gambar blog atau posting blog anda. Pastikan setiap kali Anda mengunggah foto ke blog , pastikan untuk menyertakan kata kunci dalam nama file gambardan mengisi kolom teks alternatif dengan deskripsi foto yang singkat dan kaya kata kunci.

Artikel Terkait : Optimasi SEO Menambahkan Alt Tag dan Title Tag Pada Gambar

3. Optimalkan Link External dan Internal Link

Referensikan orang lain dengan membuat external link. Bila Anda menyebutkan blogger lain atau artikel di posting blog Anda, sertakan link ke informasi yang Anda referensikan. Tidak hanya itu etiket blogging yang bagus, tidak hanya itu, jika anda beruntung, ada kemungkinan, blog Anda akan menerima link balik, dari situs yang anda beri link external

Artikel Terkait : Apa itu link dofollow dan nofollow pada blog

4. Gunakan Email Berlangganan (Subscribe Email)

Beri pembaca kesempatan untuk berlangganan ke blog anda. Sertakan tombol RSS atau Feed Subscription yang bisa anda tempatkan secara relevan dan tawarkan kepada pemirsa kemampuan untuk berlangganan posting Anda melalui email bila hal tersbut bisa memungkinkan. Hal ini bisa menjadikan pengikut blog Anda memiliki pemberitahuan instan tentang posting terakhir Anda tanpa harus secara berkala memeriksa artikel baru di situs blog Anda.

Artikel Terkait : Cara Daftar RSS Feedburner Dan Berlangganan Email Untuk Blog Anda 

5. Gunakan Media Social

Gunakan media sosial untuk memperluas jangkauan posting blog Anda. Sebagai usaha kecil, Anda mungkin bisa memanfaatkan Facebook, Twitter, Google+, atau situs media sosial lainnya untuk menciptakan koneksi dengan potensial mendapatkan pelanggan dari media sosial. Maka, sekarang lakukan atau promosikan konten blog Anda di situs atau media sosial tersebut untuk eksposur web yang lebih banyak lagi?

Artikel Terkait : Cara membuat social share button di blog

3 Responses to "6 Cara Ampuh Mengoptimalkan Artikel Blog Agar SEO Friendly"

  1. untuk membuat blog lebih dikenal gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar di kenal, yg jelas harus paham SEO, dan membuat konten berkualitas, unik...dll

      Hapus
  2. The search for long tail keywords is an essential component of an online training course for beginners. Well researched determine your success and profit, and are responsible for high search engine ranking. The question here is how to find long tail Keyword Golden Ratio for niches that will make money long term. Make sure that your chosen online training course for beginners teaches you this very important aspect.

    BalasHapus