3 Teknologi Tersembunyi di Piala Dunia 2018

Madamvia - Perhelatan akbar Piala Dunia 2018 di Rusia tampaknya menjadi salah satu momen yang paling dinanti-nantikan oleh para pecinta sepak bola di seluruh dunia. Ada yang unik pada piala dunia di Rusia tahun 2018 ini, yaitu digunakannya 3 teknologi tersembunyi yang membantu wasit untuk mementukan jalannya pertandingan. Mau tahu apa saja teknologi tersebut?

Baca juga:

Perbedaan Galaxy J7 Duo dengan J7 Pro - Baterainya Bisa Dilepas!

Cara Memperbaiki Google Play Authentication Required Error

Aplikasi Whatsapp Terbaru Kini Bisa Video Group Calling

Teknologi Piala Dunia 2018

Jika kita mengikuti beberapa pertandingan piala dunia 2018 belakangan ini, banyak keputusan wasit yang berdasarkan pada beberapa teknologi tersembunyi, diantaranya:

1. Goal-Line Technology (Teknologi Garis Gawang)



Pada Piala Dunia FIFA 2014, di Brasil, salah satu pemain Prancis, Karim Benzema adalah pemain pertama di Piala Dunia yang mendapat manfaat dari teknologi garis gawang ini yang memberinya gol ketika tandukannya melawan Honduras melintasi garis gawang hanya beberapa milidetik. 

Teknologi ini mendukung para wasit dalam tiga insiden pada edisi terakhir Piala Dunia FIFA dan sebanyak delapan situasi  di Piala Dunia Wanita 2015 FIFA di Kanada. Wasit di Piala Dunia FIFA 2018 dapat terus mengandalkan alat ini selama turnamen di Rusia: semua stadion kompetisi akan dilengkapi dengan teknologi garis gawang yang memproses informasi dari 14 kamera berkecepatan tinggi dan mengirimkan sinyal dalam satu detik ke arloji wasit menunjukkan saat bola telah melewati garis gawang.

2. Video Assistant Referee (Asisten Video Wasit)



Setelah pengenalan teknologi garis gawang yang sukses empat tahun lalu, dunia sepakbola meminta lebih banyak alat untuk mendukung lebih lanjut pejabat pertandingan untuk keputusan penting. Setelah dua tahun percobaan dengan ratusan pertandingan uji coba, Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional (IFAB) memberikan lampu hijau pada Maret 2018 untuk penggunaan asisten asisten video (VAR) dalam sepakbola. 

Piala Dunia yang ke-21 akan menjadi yang pertama dari turnamen ini yang akan menawarkan teknologi video sebagai alat pendukung tambahan untuk wasit. Akan tetapi, ini hanya akan digunakan untuk memperbaiki kesalahan yang jelas dan jelas dan insiden yang terlewatkan dalam keputusan perubahan-keputusan yang didefinisikan dengan jelas. 

Wasit di World Cup  dapat memutuskan untuk mengandalkan informasi verbal dari asisten video wasit atau untuk meninjau rekaman video dari insiden yang dipertanyakan sendiri di sisi lapangan bermain di monitor sebelum membuat keputusan mereka. 

Teknologi baru ini, berdasarkan pada peralatan siaran dan audio, telah disesuaikan selama dua tahun terakhir untuk kebutuhan khusus sepak bola agar dapat memenuhi filosofi VAR "interferensi minimum, manfaat maksimal".

3. Electronic Performance & Tracking Systems (Sistem Pelacakan & Kinerja Elektronik)



Teknologi tersembunyi utama ketiga yang disediakan FIFA pada setiap pertandingan Piala Dunia FIFA 2018, Rusia, terdiri dari sejumlah alat dan perlengkapan komunikasi untuk kedua tim. Staf teknis dan medis dari tim yang berpartisipasi akan memiliki workstation khusus pada tribun media dan jalur khusus untuk berkomunikasi dengan staf pembinaan dan medis di bangku cadangan. 

Data posisi dari dua kamera pelacakan optik yang terletak di tribun utama yang melacak pemain dan bola akan tersedia untuk para analis secara real-time bersama cuplikan langsung dari kamera taktis yang dipilih. Wawasan dari informasi teknis dan tautan komunikasi yang disediakan memungkinkan interaksi real-time konstan yang dapat memberi umpan ke dalam keputusan mereka selama pertandingan.

0 komentar: