Wix VS WordPress


madamvia - Semakin hari semakin banyak platform yang bisa kita gunakan untuk membuat suatu website. Meski demikian, ada dua platform yang selalu menjadi andalan, yaitu wix sebagai website builder dan wordpress sebagai sistem manajemen konten. Jika Anda sudah familiar dengan dunia website, pastinya sudah tidak asing dengan dua platform yang satu ini.
Terjun di dunia pengembangan web memang tidak mudah. Selain banyaknya pesaing, Anda juga harus melewati berbagai tantangan untuk membuat web yang menarik dan memiliki banyak peminat. Langkah dasar yang harus dilakukan adalah memilih platform yang tepat dalam pembuatan website. Berikut ini ulasan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan untuk memilih wix atau wordpress.

Pengertian Wix dan Wordpress

Wix dikenal sebagai salah satu platform website builder yang menawarkan beragam tool yang mudah untuk dipelajari. Bahkan, Anda tidak perlu menguasai coding dan bahasa pemrograman. Untuk mengoperasikannya, Anda juga tidak diharuskan memiliki backgorund di web development. Platform ini menyediakan block atau pre-built element yang memudahkan Anda dalam membuat website.
Sedangkan, wordpress merupakan bagian dari Sistem Manajemen Konten (CMS) sehingga Anda bebas membuat dan mengelola berbagai jenis konten sesuai dengan minat dan keinginan. Di sini, Anda bisa menemukan banyak pilihan tool dan cukup fleksibel sebagai platform blogging untuk berbagai macam tipe website. Ketenaran wordpress dibuktikan dengan lebih dari 30% website di internet menggunakan platform wordpress.

Kemudahan Penggunaan Platform

Tidak semua orang yang terjun di dunia blogging adalah orang yang sudah handal. Banyak dari mereka yang masih awam dalam menggunakan platform pembuatan website. Oleh karena itu, kemudahan penggunaan platform sangat penting untuk diperhatikan. Pada dasarnya kedua platform ini memiliki keunggulan dalam penggunaannya yang mudah.
Namun, jika benar-benar awam di dunia ini, maka disarankan untuk menggunakan wix. Dengan platform ini, Anda langsung diarahkan ke dashboard setelah berhasil membuat akun dan mendaftar. Semua fiturnya mudah cukup mudah untuk dilakukan pemulan. Wordpress sebenarnya juga mudah untuk digunakan, namun ada beberapa fitur yang mungkin membutuhkan kemampuan lebih di dunia blogging.

Performa Wix vs WordPress

Wix dan WordPress memiliki sumber layanan berbeda yang memengaruhi bagaimana performa keduanya. Untuk wix, layanan yang digunakan bersumber dari hosted sehingga mengharuskan Anda membeli website builder dan hosting. Wix lebih mempercayakan pengaturan performa pada tim, termasuk mengenai kecepatan loading website. Jadi, wix tidak akan melibatkan Anda sebagai user untuk mengubah performa.
Sedangkan, WordPress memberikan kebebasan saat memilih layanan hosting sehingga Anda harus memastikan provider yang dipilih memiliki reputasi dan kualitas terbaik. Hal ini nantinya dapat menentukan performa website Anda. Jadi, user memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas dan performa website yang dimilikinya. Cocok bagi Anda yang suka tantangan dan ingin belajar dunia blogging.

Keamanan Wix vs WordPress

Selain memiliki performa yang baik, suatu platform juga harus menjamin keamanannya. Sayangnya, tidak ada platform apa pun yang memberikan keamanan 100%, namun Anda bisa meminimalkan risiko dengan cara memilih platform dengan tepat. Untuk keamanan, Wix memang lebih unggul karena tidak ada akses bagi user untuk mengedit inti fungsionalitas software dan update dilakukan secara sistematis.
Berbeda dengan WordPress yang lebih sering menjadi target serangan cyber crime. Itulah mengapa keamanan menjadi perhatian utama ketika Anda menggunakan WordPress. Cara untuk meningkatkan keamanan wesbite adalah rajin updata situs, tema hingga plugin. Anda juga bisa membuat fitur keamanan khusus untuk menjaga website dari penjahat online.



Manajemen Situs Wix vs WordPress

Dalam hal manajemen, wix dirasa memiliki kelebihan tersendiri karena mampu menyederhanakan hal-hal yang sulit. Developer akan memikirkan detail teknis, termasuk update platform. Duplikasi, menghapus dan transfer website pun menjadi lebih mudah dilakukan jika Anda menggunakan Wix. Sayangnya, fungsionalitas pada Wix terbilang kurang dan terbatas sehingga Anda wajib upgrade ke paket premium.
Berbeda dengan WordPress yang memberikan kebebasan user untuk mengaktifkan berbagai opsi manajemen situs. Anda bisa menginstall plugin, baik gratis ataupun berbayar untuk memasang fitur yang lebih kompleks. Artinya, manajemen situs dapat dibuat sedemikian rupa oleh user itu sendiri sehingga Anda bisa membuat situs sesuai dengan yang diharapkan dengan berbagai upaya.
Baca Juga : memilih hosting website murah DomaiNesia www.domainesia.com/hosting

Kemudahan Kustomisasi Wix vs WordPress

Berbagai tipe website dapat dibuat apabila platform yang digunakan dapat dikustomisasi dengan mudah. Wix memiliki kelebihan berupa kustomisasi yang mudah di mana ANda dapat menambahkan sejumlah fitur yang fungsional ke website, seperti live chat, kolom komentar, comment section, forum, dan lain sebagainya.
Kustomisasi Wordpress bisa dibilang juaranya. Banyak fitur dan plugin yang bisa Anda install untuk membuat berbagai jenis website yang diinginkan. Bahkan, Anda bisa mengakses ribuan tema dan plugin, baik yang gratis hingga berbayar. Itulah mengapa dibutuhkan kreativitas untuk membangun website yang Anda inginkan. Makin menarik tampilan website, maka bisa menarik lebih banyak pengunjung.
Itulah tadi perbandingan Wix vs WordPress yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum membuat suatu website.

0 komentar: