Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dan Aplikasi HP

Hi sobat Madamvia, apakah kamu salah satu pengguna Smartphone Android yang sering pasang atau hapus aplikasi Android terbaru dengan tujuan untuk mempercepat hp namun malah Smartphone kamu menjadi lambat? Atau kamu adalah pemilik Smartphone Android dengan memori internal kecil namun ingin menambah memori? Nah..kali ini kami punya solusi cara untuk menghapus aplikasi bawaan dan aplikasi hp Android kamu. Yuk disimak.

Baca juga:

Cara Mentransfer File dari Android ke iPhone Dengan Cepat

Cara Menyimpan Pesan Penting di WhatsApp

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan 


Aplikasi Android pada umumnya kita download di Google Playstore atau website lainnya. Untuk menginstall atau memasang aplikasi Android biasanya sangat sangat mudah, hanya perlu membuka file apk kemudian pilih "install" dan tunggu prosesnya hingga selesai. Namun, saat kita sudah tidak membutuhkan aplikasi Android tersebut dan ingin menghapusnya kita justru mengalami masalah. Ternyata dalam banyak kasus hal tersebut terjadi karena 2 alasan:

1. Aplikasi sudah di atur sebagai administrator


Tidak semua aplikasi dibuat setara. Beberapa aplikasi memerlukan hak akses khusus agar aplikasi Android tersebut dapat mengakses beberapa fungsi dan data di hp kalian. Beberapa aplikasi yang memerlukan akses administrator : aplikasi yang dapat mengatur password, kunci/membuka hp, melacak lokasinya sendiri, dan banyak hal lain. Dan dalam kasus ini kamu dijamin tidak bisa menghapus Aplikasi Android tanpa menghapus akses administratornya dahulu.

gambar: phonearena


Untuk menghapus akses Administratornya, pergi ke menu "Pengaturan", kemudian "Keamanan", pilih "Administrator Perangkat". Cek apakah aplikasi yang akan kamu hapus masih di ceklist atau tidak? Hilangkan tanda ceklist dengan menekan 1x kemudian kembali ke menu "Pengaturan". Pilih "Manajer Aplikasi" lalu Pilih aplikasi yang akan kamu hapus. Kini aplikasi tersebut pasti bisa kamu hapus.

2. Aplikasi Bawaan (Bloatware) atau Bagian dari Sistem Android


Bloatware merupakan masalah untuk jutaan hp. Itu merupakan sebutan untuk aplikasi (yang biasanya tidak berguna) yang digunakan operator dan operator untuk melakukan pre-load hp. Nah, pada sebagian besar kasus, aplikasi-aplikasi ini tidak bisa dihapus karena diberi label sebagai bagian dari sistem operasi.

gambar: phonearena


Salah satu solusi untuk menghapus aplikasi bawaan Android adalah dengan menonaktifkannya. Pilihan ini akan mematikan dan mencegah aplikasi tersebut untuk menggunakan sumber daya sistem selain hanya untuk ruang penyimpanan. Untuk menonaktifkan aplikasi bawaan Android, masuk ke menu "Pengaturan", pilih "Manajer Aplikasi", pilih aplikasi yang akan dinonaktifkan - Lalu pilih "Nonaktifkan" atau "Matikan". Jika dimasa depan kamu ingin mengaktifkannya kembali, cukup pilih "Aktifkan" atau "Nyalakan" kembali.

Nah, bagaimana dengan Cara Menghapus Aplikasi Bawaan dan Aplikasi HP yang sudah kami bahas tadi? Jika kamu masih kurang jelas atau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat.

0 komentar: